1st Anniversary Our Blog
Joy

365 Days Of Our Blogging Journey

Tanggal 27 Oktober adalah peringatan Hari Blogger Nasional. Bangga aja gitu kami sejujurnya baru tahu ada tanggal istimewa itu sejak mulai β€˜serius’ ngeblog. Dan berkenaan dengan itu, sebenarnya tepat tanggal 18 Oktober sudah setahun sejak tulisan pertama di blog ini published.

Nggak terasa sudah setahun kami mulai menulis blog dengan serius. Yeah, waktu selalu bergerak cepat! Berasa haru aja bisa melangkah sejauh ini. Padahal baru setahun mulai ngeblog, tapi nggak nyangka aja sudah ada 93 tulisan kami terbitin di sini.

Padahal inget waktu awal-awal punya gagasan untuk buat blog bersama itu masih abu-abu. Sama sekali tidak ada bayangan mau jadi apa blog ini dan masih bingung ini blog mau diisi dengan tema apa. Kami menghendaki isinya dominan cerita pejalanan kami, eh taunya pandemic menyerang dan kita semua terjebak tidak bisa bepergian melancong.

Kami bahkan tidak punya cerita menarik untuk dibagikan. Hanya dua gadis yang menjalani hari sebagai ordinary boring office worker jadi ya cuma bisa berbagi tentang pengalaman hidup yang kami lewati, juga mungkin secuil kegemesan tentang isu sosial yang menggelitik jari-jari ini untuk menuliskan sudut pandang sendiri, dan review saat kami kehabisan ide.

Jejak kami berdua di dunia blog diawali dari pakai blogger gratisan yang ujungnya itu masih blogspot dan pastinya udah kami lenyapkan karena isinya nggak keruan, it was utter rubbish. Punya blog barengan juga masih ngelirik rumah blogspot sampai akhir tahun lalu.

Kami pindah hati ke wordpress sejak Januari 2020. Sejujurnya waktu itu ngelirik buat ganti domain doang, eh taunya tergiur paket bundling yang ditawarin bersamaan hosting. Pahamlah kan jiwa diskonan ciwik-ciwik tidak bisa berkata tidak.

Ingat betul keriuwehan kami berdua saat mesti migrasi. nggak rela juga mesti mulai dari 0 dan meninggalkan buah pemikiran tiga bulan itu. Kami mulai dengan memilih tema, lalu mengatur template, menamai menu dan seterusnya kami pelajari sendiri. Dengan kebutaan mutlak soal coding dan berbekal tante google sama om youtube kami otak-atik sendiri cara pakai WP ini hingga termasuk redirecting juga.

Bulan-bulan awal ngisi blog kami semangat bukan main, banyak bener ide yang berlalu-lalang. Nah, sejak beralih ke WP malah sampai pada titik stuck, nggak ada minat nulis sama sekali. Boleh jadi pemicunya oleh yang visit sepi dan komen pun dulu itu nggak ada. Jadi tiba-tiba down deh karena kami kira tidak ada yang baca. Kalian bisa lihat sendiri arsip di awal tahun yang begitu minim setoran.

Kemudian kami duduk bareng dan menyatukan hati membicarakan keberlangsungan blog ini. Ya masa udah rela ngeluarin duit tapi kami malah jadi malas nulis. Terus kami ingat-ingat lagi tujuan pertama kami bikin blog ini sebenarnya untuk diri kami sendiri, yaitu supaya kami bisa lebih produktif biarpun sesungguhnya kami tidak punya kesibukan lain selain ngantor, terkecuali navi yang juga masih anak kuliahan.

Kami salah bila terlalu mengharapkan lebih pada blog ini dan melupakan esensi kenapa blog ini bisa lahir. Intinya kami ingin waktu kami bermanfaat serta tak terbuang sia-sia dan satu-satunya kemampuan yang dirasa cukup mumpuni adalah nulis jadi ya mungkin dengan ngeblog ini jadi jalannya.

Setidaknya kami menghasilkan sesuatu dengan berlama-lama depan layar monitor laptop. Plus menjadi kebahagiaan juga bagi kami jika mungkin tulisan di blog ini bisa related dan bahkan berguna bagi pembacanya.

Sejak obrolan itu kami memaksa harus setor minimal 10 tulisan setiap bulannya. Hingga kami menyadari bahwa ada banyak alasan mengapa harus menulis. Kegiatan yang sangat kami nikmati dan tanpa ada beban sama sekali saat melakukannya. Bahkan ketika merasa jengkel ataupun mengalami kejadian tidak mengenakan sekalipun bisa dengan bebas kami ceritakan di sini.

Kami berharap blog ini akan terus aktif dan kedepannya kami tetap konsiten menulis untuk membagikan pengalaman dan cerita kami di blog ini.  Jikalau kami ada di titik jenuh lagi, kami harus ingat kembali tujuan awal kami agar kami tetap semangat menulis dan terus produktif!

Terakhir kami ucapkan Selamat Hari Blogger Nasional! Jangan lelah untuk terus menulis!

Two girls with big dreams.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *