Youth

5 Alasanku Mengagumi Ibu Susi Pudjiastusi

Semoga masih anget ya untuk membahas ini. Jadi, lima hari lalu ketika aku membaca jajaran nama menteri yang akan membantu presiden untuk lima tahun mendatang, aku temasuk yang kecewa karena nama Ibu Susi Pudjiastusi hilang dari bursa kabinet. Meski mejadi menteri yang paling kontroversial namun kegaharannya dalam memerangi illegal fishing sudah tidak kenal ampun dengan cukup mengatakan kata sakti “tenggelamkan”, sudah membuat gemetar kaki perompak untuk memasuki teritorial laut Indonesia.

 
Illustration:cdn.yukepo.com

Bukan hanya ketegasannya saja yang membuatku mengagumi sosok Menteri KKP Periode 2014 – 2019 ini, banyak hal dari kepribadiannya yang menurutku patut kita contoh sebagai perempuan Indonesia.

Berikut ini kubeberkan beberapa alasan terkuat kenapa Bu Susi Pudjiastuti mejadi wanita terkeren.

1. Low Profile

Ini point terpenting buatku. Ibu Susi ini walau galak terhadap pencuri ikan, tetapi beliau ini sangat ramah karena kepribadianya terbentuk dari kebiasaan hidup sederhana sejak kecil. Dari berbagai media, banyak memberitakan beliau tidak menuntut diperlakukan istimewa dalam berbagai kunjungan ke daerah terpencil. Ibu Susi tak sungkan menyesuaikan dengan keterbatasan kondisi yang ada. Aku sangat suka ciri pemimpin yang seperti ini.

2. Pekerja Keras

Sosoknya yang tangguh dan jelas rekam jejak usaha yang dirintisnya dari nol sudah sangat membuktikan bahwa Ibu Susi adalah wanita pekerja keras. Setelah diamanahkan memimpin KKP tahun 2014 silam, beliau bahkan rela melepaskan jabatan dalam usahanya untuk fokus mengurusi kepentingan negara.

Illustration: harapanrakyat.com

3. Satu-satunya Menteri Tamatan SMP

Awal masa jabatan Ibu Susi, banyak pihak meragukan kecakapan beliau menjadi menteri karena latar belakang pendidikannya yang bukan lulusan perguruan tinggi.  Namun, anggapan tersebut mudah saja dipatahkan oleh beliau dengan pengalaman kentalnya yang selama puluhan tahun di dunia bisnis perikanan dan kecintaannya terhadap laut, jelas pengetahuannya akan dunia kelautan bukan kaleng-kaleng.

4. Pengusaha Sukses

Illustartion: kaskus.co.id

Ibu Susi ini jago sekali memimpin bisnisnya. Lahir dan dibesarkan di kawasan Pantai Pangandaran menjadikan laut sebagai bagian tak terpisahkan dalam hidupnya. Berwirausaha sejak masih usia belia dengan menjadi pengepul ikan, lalu berkembang menjadi pabrik pengolahan ikan hingga mengantarkan beliau menjadi eksportir bidang perikanan dan kemudian menjadi penyedia jasa transportasi udara dengan nama Susi Air yang hingga kini telah memiliki lebih dari 50 unit pesawat dari berbagai jenis.

5. Prestasinya Segudang

Ibu Susi adalah seorang perokok berat dan memiliki banyak tato di tubuhnya yang mengundang berbagai kontroversi. Untung saja Ibu Susi cuek dengan segala kontroversi itu dan berani tampil apa adanya. Stereotip yang menyebutkan bahwa wanita perokok dan bertato adalah perempuan nakal tidak berlaku untuk Bu Susi. Kepemimpinan yang berani dan berbagai langkah inovatif yang diambilnya selama menjabat Menteri KKP banyak mendapat sorotan dan pengakuan dunia terbukti dengan berbagai penghargaan yang telah dihadiahi kepada Ibu susi. Prestasi dari dalam dan luar negeri yang beliau raih memang patut kita acungi jempol. Kalian bisa googling sendiri sederet prestasi Ibu Susi.

Nah, itu dia lima alasan terkuatku untuk mengagumi wanita fenomenal ini. Terakhir, terima kasih Ibu Susi atas masa bakti (2014 – 2019) dan kontribusi yang telah diberikan untuk laut Indonesia tercinta kita.

4 Comments

  • kartika

    Hi, salam kenal ya girls (bener gak sih, aku menduga pemilik blog ini dua cewek keren :))
    Aku juga mengidolakan Ibu Susi. Sosok perempuan yang keren banget. Cerdas, tahu apa yang dimau, dan sellau fokus dengan pekerjaan tidak peduli dengan kafilah yang berlalu. Beruntung sekali ya sempat diperkenalkan dengan beliau, semenjak menjabat di KKP. Bener2 idola buat kita pemudi Indonesia 🙂

    • Navia Yu

      Hey there! Salken juga cewek.
      Makasi loh udh disebut keren, jarang2 dpt pujian. Hihihi
      Bener, image srikandi indonesia asli sih ibu satu itu.
      Thx juga mau mampir.
      Salam Hangat,
      Navia Yu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *