WFH Style
Joy

5 Resep Bahagia Selama WFH

Apa mungkin cuma aku ya yang masih WFH?

Banyak dari kita yang bahagia bisa back to the office bulan ini. Tapi, pekerja kantorku malah sebulan ini harus #dirumahaja. Ini merupakan langkah terbaik demi mengurangi kemungkinan penyebaran virus jadi lebih luas karena lebih dari 20 orang yang kedapatan positif di area kantorku. Itu berarti, sebisa mungkin pekerjaan dialihkan ke rumah masing-masing.

Well, ada beberapa tips ala aku yang anak kosan biar bawaannya nggak bad mood selama WFH. Cekidot!

1. Menjaga Kebersihan Pribadi

Mentang-mentang kerja di rumah jangan malah malas mandi pagi dan melupakan skin care rutin ya, ladies! Mandi pagi adalah hal wajib yang gak bisa aku skip biar badan segeran untuk mulai bekerja. Dua bulan lalu nih, pas awal-awal WFH aku suka mengabaikan skin care. Alhasil, koloni jerawat pun jadi bersemi di wajahku. Yang namanya menyesal adanya di buntut, kan?

Sebelum mandi yang biasanya kulakukan pasti beresin kamar dulu. Kebersihan tempat kerja which is buatku adalah kamar juga perlu diperhatikan. Mana bisa nyaman mulai kerja dengan keadaan kamar yang nggak sedap dipandang mata. Tubuh dan tempat kerja bersih berpengaruh loh ke mood kerja kita.

2. Jangan Tinggalkan Sarapan

Salah satu kelebihan WFH adalah bisa menikmati waktu sarapan yang lebih santai. Usahakan sarapan dengan makanan sehat buat asupan energi kita sebelum santap siang. Sarapan terbukti membantu pikiran kita lebih fokus saat bekerja karena perut nggak bakal rewel minta diisi.

3. Buat Suasana Nyaman

Kalo kerja di kantor kan mesti pake pakaian rapi dan keep silent gitu bawaan serius karena diawasin bos. Di rumah aku nyamannya lebih santai. Kerja bisa dasteran aja, bisa nyetel musik pake speaker, bisa sambil nyanyi-nyanyi sumbang dan bisa sambil ngemil. Bikin feel happy intinya untuk diri pribadi biar kerjanya santuy aja coy.

4. WFH Bukan Hari Libur

Jangan lalai! Bawaannya udah nyantai gitu bukan artinya bisa chillin’, terus menomor duakan kerjaan loh. Kerjaan tetap prioritas, kan itu tanggung jawab. Tujuan bikin suasana nyaman tadi biar WFH jadi lebih asik dan nggak stress karena suntuk. Jauhin tuh si malas supaya nggak terlena buat leyeh-leyeh manjah. Rajin ngecekin email dan grup whatsapp kantor, mana tahu mesti video conference dadakan. Menyiapkan to do list juga bisa jadi solusi kamu tetap fokus.

5. Lakukan Peregangan

Biar sendi-sendi nggak sampe kaku akibat terpaku duduk terlalu lama depan laptop, sebaiknya lakukan sedikit peregangan. Ambil waktu jeda buat istirahat sejenak atau sekadar ngejulid di sosmed dan lakukan serangkaian peregangan kecil merilekskan otot-otot kita agar kembali segar untuk mengerjakan pekerjaan yang mungkin mengundang penat.

“If the plan doesn’t work, change the plan but never the goal.”

Anonymous

Kalau pandai mengelola waktu sih WFH memang bisa bikin kita punya lebih banyak waktu senggang di rumah. Namun, jangan melupakan deadline  kerjaan yang menanti ntar tiba-tiba ditagihin si bos.

WFH jangan dipakai untuk bersantai-santai seharian juga donk. Tetap produktif walau gak diperhatiin atasan. Ogah banget kan diteror jam sepuluh malem buat nyerahin report. Jadi, mending kelarin dulu tuh kerjaan, baru waktu luangnya suka-suka kamu mau ngapain.

8 Comments

  • Ikrom

    bikin mood teta[ terjaga pas WFH itu susah susah gampang mbak hehe
    makanya denger lagu juga penting si asal tidak mengganggu
    dan pastinya jaga kebersihan diri penting juga agar tetap sehat selama pandemi ini

  • Haekal

    Thanks tipsnya. Awal-awal WFH tuh stres banget, banyak hal yang perlu disesuaikan. Tapi makin ke sini udah makin terbiasa dan jadi makin produktif.

  • ainun

    aku juga wfh tapi dibuat bergiliran sama rekan kerja.
    awal wfh memang agak berat karena penyesuaian juga, yang biasanya print kertas, sekarang jadi serba export file, agak repot juga.
    pas waktunya agak longgar bisa curi waktu buat ngedraft juga, ada positifnya hehe
    gara-gara wfh juga, aku kepikiran buat make over salah satu sudut kamar ala pinterest, dan ini bikin jajan online makin banyak hahaha

    • Navia Yu

      Hai Mb Ainun!
      Sama dong ya. Sebulan itu dijatahin seminggu untuk wfh. 😆
      Nah iya, itu salah satu yang bikin repot kan ya. Di rumuah nggak punya prinan soalnya. 😔
      Hahaha positifnya dateng barengan pengorbanan. Aku pun gitu, konsumsi jajan online jadi meningkat. 😕
      Salken ya dari Palembang… 🤗

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *