Books,  Review

Book Review – 10 Kalimat Terbaik di Buku ‘You Are a Badass’ – Jen Sincero

Stop Meragukan Kehebatanmu Saatnya Hidup Lebih Asyik dan Dahsyat

Setelah mereview buku A Subtle Art of Not Giving F*ck (Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat) karya Mark Manson yang sangat menarik dan memberikan banyak hal positif untuk hidup, kali ini aku kembali akan mereview buku You Are a Badass karya Jen Sincero. Buku ini sendiri terkenal dan mendapatkan penghargaan dalam #1 New York Times Bestseller. Aku membaca buku itu versi Bahasa Indonesia, karena aku belum sepenuhnya bisa mengerti dalam Bahasa Inggris, hehe…

Kau ingin berubah lebih baik lagi tapi tak tahu caranya yang pas untukmu? atau sudah banyak membaca kiat-kiat pengembangan diri tapi kau ragu (seperti sebelum-sebelumnya) apa akan benar – benar mengubah dirimu?

You Are a Badass adalah panduan pengembangan diri berdaya upah tinggi : bagaimana kau dapat melihat kehidupan mu dengan mata baru, menemukan passion-mu, menjalani hidup yang kau impikan, tapi sebenarnya lebih dari semua itu. ia juga menjelaskan mengapa kita terjebak dalam kebiasaan yang kita lakukan, memberi kita wawasan mengagumkan tentang hubungan dan (ketakutan) kita dengan uang, dan terutama menendang segala alasan ke tepi jalan. dengan gaya tutur yang jujur dan menghibur, Jen Sincero menyajikan 27 bab singkat berisi saran bijak, latihan mudah, dan sesekali umpatan. Jika kau siap melakukan perubahan nyata, setidaknya buku ini akan membantumu

Menurutku, buku ini sangat bagus untuk dibaca saat kalian merasa down atau merasa bahwa hidup kalian penuh dengan masalah, merasa sendirian dalam menjalani hidup ini atau pun merasa kurang bahagia. Ini buku tentang motivasi hidup. Ceritanya sendiri kebanyakkan terjadi di kehidupan sehari-hari, tentang masalah pertemanan, pacar, pekerjaan, karir dan hubungan percintaan, intinya kita memang harus mencintai diri sendiri sebelum mencintai hal lain.

Di saat kalian merasa down dan benci dengan diri sendiri, buku ini hadir untuk membuat kalian berpikir ulang bahwa kalian semua sebenarnya hebat dan kuat karna sudah bertahan sampai sejauh ini. Mungkin, bagi sebagain orang kalimat motivasi tidak ada gunanya. Tapi, kalimat tersebut pun bisa membuat kita menjadi sedikit lebih baik dan lebih tenang. Kalian tidak harus percaya sepenuhnya semua tentang kalimat motivasi yang sering kalian dengar, hanya saja kalian harus mengerti bahwa terkadang kalimat tersebut memang benar adanya.

Buku ini sendiri sangat cocok untuk kalian yang ingin membuat perubahan dalam hidup agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi, agar bisa mencintai diri sendiri maupun peduli terhadap satu sama lain, dan untuk memperbaiki sebuah hubungan dengan pacar, teman atau dengan siapa pun. Kita diajarkan bagaimana merasa lebih bahagia lagi dan selalu bersyukur atas apa yang sudah kita miliki dalam hidup ini. Percayalah, kalian akan sangat mencintai diri kalian sendiri setelah membaca buku ini.

Namun, ada beberapa hal yang kurang dari buku ini. Ada beberapa kata atau kalimat yang terjemahannya masih terasa kurang pas. Maklum saja bila buku terjemahan banyak yang harus disesuaikan padanan katanya dalam Bahasa Indonesia sehingga normal bila beberapa kalimat dirasa ‘ngena‘.

Over all buku ini tetap wajib dibaca karena banyak sekali kalimat yang sangat menarik dan bisa kita coba gunakan untuk kehidupan kita. Bagi sebagian orang itu hanya sebuah kalimat bijak yang tidak penting. Namun, menurutku itu lebih dari sebuah kalimat yang bisa menampar kita dan berusaha untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dari sekian banyaknya kalimat tersebut, aku memilih 10 kalimat terbaik yang menurutku perlu kita tanamkan dalam kehidupan kita, yaitu :

  • Cintai dirimu sendiri dan kau akan menjadi tak terkalahkan
    See? Kalian harus percaya kalimat ini. Jika kita sudah mencintai diri kita sendiri dan menerima diri kita apa adanya, kita akan menjadi orang yang hebat dan tak terkalahkan!
  • Salah satu hal terbaik yang dapat kau lakukan untuk memperbaiki dunia adalah memperbaiki diri
    Aku sudah sangat sering mendengar kalimat ini. Ya, sadari bahwa perubahan dimulai dari diri sendiri. Sebelum ingin memperbaiki hal besar kita harus memperbaiki hal kecil yang dimulai dari membenahi pola pikir dan kebiasaan pribadi.
  • Hidupmu adalah pestamu. Kau harus memilih bagaimana caramu mengundang orang lain, pengalaman, dan banyak hal ke dalamnya
    Hidup kita adalah milik kita bukan orang lain, dimana kita yang memutuskan untuk bergaul dan terlibat dengan orang yang bagimana, apakah membawa kebaikan atau malah menjerumuskan. Hal ini pun termasuk juga untuk mengeluarkan orang-orang yang tidak berpengaruh dalam hidup kita.
  • Mempertahankan kebencian itu sama seperti menenggak racun sementara menunggu musuhmu mati
    Sebaik apa pun kita, pasti ada saja orang yang memiliki prasangka untuk membenci kita. Boleh jadi kita pasti juga memiliki musuh. Biarkan lah mereka tetap ada dan jangan pernah membalas untuk membenci mereka. Jangan hiraukan cacian para pembenci. Cukup abaikan saja ocehan mereka.
  • Hidup adalah mimpi, jangan mengubahnya menjadi mimpi buruk
    Apa yang kita impikan haruslah suatu hal yang baik. Kita harus tetap bermimpi untuk hal-hal yang indah dan menyenangkan dalam hidup.
  • Kau bisa menciptakan apa pun yang harus kau inginkan, tetapi kau harus benar-benar menginginkannya
    Bermimpi boleh saja, tapi jangan lupa bangun dan membuatnya menjadi kenyataan! Let’s do it guys!
  • Kau harus tetap menjaga keyakinanmu, selalu, bahkan ketika hidupmu berada di ujung tanduk
    Dalam hal apa pun, dan apa pun yang telah terjadi ingatlah bahwa kita harus tetap berpikiran positif!
  • Semakin banyak yang kau miliki, semakin banyak yang harus kau bagi-bagikan
    Jangan lupa untuk berbagi apa pun yang kalian miliki. Semakin kita banyak berbagi semakin banyak juga kita akan mendapatkannya.
  • Kita sempurna dalam cara kita sendiri yang agung sekaligus kacau. Tertawakan dirimu sendiri, cintai dirimu dan orang lain. Bersukacitalah dalam kekonyolan kosmis ini
    Kalimat ini ditunjukan untuk semua orang agar bisa menikmati hidup dan bergembirahlah! Hidup sangat singkat jika kita terlalu serius memikirkannya.
  • Pada saat kau putuskan untuk memaafkan dan membiarkan perasaan negatifmu mencair, kau sedang berada di jalan menuju kebebasan
    Memaafkan tidak bisa mengubah masa lalu. Apa yang terjadi sudah terjadi. Tetapi, kita selalu berhak atas kebebasan hati dari penyakit hati yang sifatnya selalu negatif. Mungkin dengan memaafkan kita bisa merubah masa depan menjadi lebih indah.

Aku sangat senang membaca semua kalimat di atas. Kalimat yang simple tetapi sarat makna dan mudah untuk dimengerti. Aku berharap setelah membaca tulisan ini, kalian jadi tertarik untuk membaca bukunya juga dan membuat perubahan agar hidup kita menjadi lebih baik lagi! *High five*

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *