Atasi Over Exfoliated
Youth

Caraku Atasi Over Exfoliated

Nggak biasanya di blog ini ada bahasan soal beginian. Aku nulis ini untuk sharing pengalamanku aja selama dua minggu lebih aku beneran konsen banget ngebaliin kulit wajahku yang iritasi. Beneran, over exfoliasi itu sakit, gurls, pake banget! Kulit jadi terlalu sensitif nerima skincare yang biasa dipakai, my skin felt like burning.

Awalnya kulitku cuma kering aja, dan aku belum ngeh itu sudah tanda-tanda exfoliasi berlebihan. Akibat ketidak tahuanku, ketika bangun keesokan harinya mukaku sudah merah-merah, gatal dan perih mau dipakein apa pun. Kukira karena alergi yang tidak kuketahui asalnya, ternyata karena kulit lapisan pelindung luar/ skin barrier rusak jadi sangat sensitif.

Penyebab Over Exfoliated

Jenis kulitku itu normal to dry dan tipe yang badak gitu, tidak terlalu bawel dengan skincare manapun. Sebelum trip ke SG tahun lalu, kulitku bahkan tidak bernah jerawatan. Pulang dari liburan itu, kulitku jadi agak manjah, mudah banget nimbul para jerawat.

Bermula dari keinginan menghilangkan bekas jerawat itulah, aku beli Avoskin Miraculous Refining Serum dan tanpa khawatir ini kupakai tiga malam berturut-turut. Terus pas hari minggu, pulang dari kondangan dengan make up on point aku bersihkan wajah seperti biasa.

Yang tidak biasa sebelum aku mau mandi, ntah apa gerangan aku merasa tak berdosa pengen scrub mukaku. Dan bisa ditebak, ketika bangun tidur muka udah bengab-bengab. Kesalahan fatal yang kulakukan menggunakan produk ekfoliasi chemical dan physical di waktu bersamaan.

Buat yang belum tahu chemical itu dari kandungan bahan aktif dalam serum Avoskin ada AHA dan BHA  yang cukup tinggi bertemu dengan scrub sebagai physical exfoliator, gitulah buntutnya malah bikin iritasi.

Sebenarnya kesalahanku sedari awal itu karena terlalu maruk dan nggak sabar ingin nuntasin pemasalahan jerawat jadi makai serum itu tiap malam. Padahal intensitas penggunaan bahan aktif gitu baiknya only twice a week.

Heal Over Exfoliated Skin

Masuk ke inti tulisan ini, how I treat angry very mad irritated skin? Berdasarkan kesimpulan dari penelusuran bebagai artikel dan video yang harus kulakukan itu adalah firstly, calm down irritated skin. Hentikan semua produk eksfoliasi. Fokusnya adalah menghidrasi kulit.

Kulit yang sedang meradang gitu sebaiknya gunakan skincare seminimal mungkin, maintaining skin health with the least amount of products . Kasih kulit kelonggaran dengan menghindari dari produk yang mengandung alkohol dan pragarance. Aku terpaksa beli bebagai skincare dengan bahan aktif melembabkan kerena kulitku nolak pakai skincare rutinku yang biasa.

Sebelum itu semua datang aku tetap cuci muka pakai gentle facial wash dan cuma  applied aloe vera gel punya Innisfree yang udah didinginkan dan dibantu sama Vaseline Repairing Jelly hanya untuk kulit yang kemerahan ditutup sama Biore UV Aqua Rich SPF 50.

Susungguhnya petroleum jelly masa sekali tidak memberi nutrisi untuk kulit kita. Perlu dicatat, Vaseline Repairing Jelly ini bersifat oklusif, jadi kerjanya kayak ngunci pelembab yang udah kupakai tadi dengan kasih lapisan pembatas di atas kulit dengan udara dan faktor eksternal lainnya.

Aku tahanin dengan aloe vera gitu sekitar tiga harian. Selanjutnya, aku gunakan rakaian produk penyelamat yang baru kubeli khusus untuk deeply hydrating skin barrier. Gentle cleanser tetap sama, yang berbeda adalah toner, essense, dan serum.

Aku pakai Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion sebai tonernya yang punya efek super magic banget menurutku. I do really like it, daya serapnya cepat dan aman di kuliku yang merah-merah dan super sensitif apa lagi harganya bersahabat bener.

Kalo essence aku pilih yang Avoskin Perfect Hydrating Treatment. Essense ini aman karena cepat nyerap dan ada sensasi soothing di kulit yang kemerahan.  Aku beli Trueve Niacinamide 10% & Ceramide Brightening Serum juga walau kulit masih cekit-cekit dikasih serum.

Moisturizer pakai yang ada aja, sekalian ngabisin si Nivea Soft. Emang sih texturenya berat dan nyerapnya itu butuh waktu untuk diolesin di muka tapi cukup membantu jadi alternatif menghemat budget skincare yang jelas membengkak demi menyelamatkan sang skin barrier yang terluka. Trus kandungan alkoholnya mungkin ringan ya, jadi bisa ditolerir sama kulitku.

Saat malam aku ganti moisturizer dengan Viva Waterdrop Sleeping Mask gentian dengan Laneige Water Sleeping Mask yang agak cekit-cekit waktu ngolesinnya tapi efeknya di pagi hari beneran ampuh sih bikin kulit lebih kenyal.

Ternyata jadi lumayan panjang tulisan ini ya, semoga kalian belajar dari kesalahan yang kulakukan dan bijak dalam menggunakan skincare sesuai kebutuhan dan pemasalahan kulit kalian. Salam cantik ya gurls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *