Monologue

Doa dan Harapanku di Penghujung Ramadhan

Hola! Puasa lancar kan? Tinggal dua hari lagi kita menjalani puasa. Sedih juga ya Ramadhan secepat ini berlalu meninggalkan kita. Nah, sebelum Ramadha berakhir aku punya beberapa doa dan harapan yang selalu aku minta pada Yang Maha Kuasa di sepanjang Ramadhan tahun ini.

Ya Allah ridhoi aku mendapat acc sempro di bulan penuh rahmat-Mu ini.

Doa aku yang pertama dan utama saat ini adalah nerima acc buat sempro sebelum masa SK bimbingan persiapan proposal habis. Serius deh, naklukin dospem itu beneran susah. Apalagi kebagian dospem yang perfeksionis, duh tegarkan hati ini. Sungguh mesti nebalin muka nanyain beliau itu tiap saat. Tahan dengan kehendak ajaibnya yang bisa berubah haluan mendadak. Yang perintah sebelumnya revisi untuk perbanyak materi terkait variable Y, udah dikerjain siang-malem ketemu siang lagi, eh malah disuruh ganti variable dependennya. Luar biasa bener cobaan bulan suci ini.

Ya Allah mohon hapuskan segala dosa perbuatanku

Kewajiban kita beribadah dan melakukan banyak amalan kebaikan di bulan penuh rahmat-Nya ini. Memalukan bila harus mengakui bahwa aku masih sering lalai dalam beribadah. Aku masih belum menyempurnakan ibadah terlebih selama bulan Ramadhan tahun ini. Aku banyak ngeluhnya, banyak ngomel dan negdumel ini itu, banyak ngatain orang, ya pokonya banyaklah ketidaksempurnaanku dalam perbuatan dan amalan menggugurkan pahala puasa. Tapi, ini bulan penuh ampunan dan Allah sungguh pengasih dan penyayang membuka pintu sebesar-besarnya bagi kaum yang memohon ampunan. Maka semoga Allah menerima semua amalan baik kita dan juga Allah mengampuni segala dosa dan khilaf kita selama ini. Aamiin.

Ya Rab Lindungilah kami dari segala bentuk bahaya dan ancaman

Kita hanya bisa tawakal meminta perlindungan yang Maha Kuasa dalam situasi yang penuh ketidakpastian sekarang ini. Berdoa agar keluarga, sahabat, kolega dan orang terdekatku diberikan kesehatan dan dijauhkan dari ancaman terinfeksi Covid-19. Semoga kita terus berada dalam lindungan-Nya. Aamiin, inshallah.

Ya Tuhan hilangkanlah pederintaan dunia

Doa ini pasti banyak diminta oleh umat manusia sekarang. Hanya Allah yang memiliki kuasa mencabut segala penderitaan dan hukuman untuk penghuni bumi. Dengan cara yang paling ajaib atas izin Allah mampu memusnahkan virus yang meresahkan dunia kini. Namun, mungkin begini cara-Nya menjaga kesehatan bumi yang kita tinggali. Kesempatan untuk bumi kita sedikit-sedikit bernafas dari ulah aktivitas manusia yang tiada henti membuat kerusakan di bumi. Ya Tuhan punya cara dan rencana terbaiknya untuk kita.

Ya Allah berikan keberkahan dan kebahagiaan untukku

Rinduku pada keluarga nun jauh di sana belum dapat dilepaskan di bulan paling indah ini. Sikon tidak memungkinkan untukku mudik menyampaikan rindu yang semakin berat. Lebaran tahun ini akan kulalui sendirian di kosan. Tidak ada persiapan berarti menyambut lebaran. Tanpa baju baru dan pernak pernik lebaran lainnya. Apalah daya adinda diperantauan. Semoga ada hikmah tersembunyi di balik keadaan sulit ini. Semoga corona segera berakhir dan semoga Allah memberikan kecukupan razeki buatku untuk pulang menjumpai keluarga tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *