Monologue

Gossip Girl’s

Beberapa hari yang lalu saat sedang bekerja aku tidak sengaja mendengar pembicaraan yang terjadi antara mbak-mbak kantor yang ngomongi salah satu pegawai kantor. Mereka berbisik-bisik di ruangan sepi takut kedengeran orang lain.

Apalagi kalau bukan gossip girl’s, mereka ada di forum gibah. Aku yang tidak sengaja mendengar obrolan mereka lebih memilih untuk diam dan pura-pura tidak tahu apa-apa. Aku tetap fokus mengetik surat di komputerku dan tidak peduli dengan apa yang sedang mereka bicarakan.

Kejadian seperti itu sebenarnya sudah hal biasa. Saat di kantor lama, aku juga sering sekali melihat kejadian seperti itu dan tetap memilih untuk diam, tidak ikut gabung untuk bergosip ngomongin anak kantor lain. Menurutku itu adalah hal yang benar-benar tidak penting dan membuang banyak energi.

Kita tidak akan pernah bisa jauh dari yang mananya gosip. Sebenarnya gosip tidak hanya terjadi di lingkungan kerja saja, saat masih sekolah dan kuliahpun tak jarang ada banyak teman-temanku atau bahkan termasuk aku sendiri dulu juga suka bergosip. Siapun itu juga pasti pernah bergosip, sengaja atau pun tidak.

Gosipin orang yang kita kenal ataupun orang yang tidak pernah kita jumpai dalam dunia nyata hanya tahu sebatas sosial media yang menurut kita adalah hal wajar ternyata bukanlah hal baik untuk kehidupan kita. Menurutku sendiri, gosip itu sangat harus kita hindari. Jika ada teman yang suka bergosip baiknya harus kita jauhi karena ini tipe toxic people.

Gosip tidak memiliki nilai positif dalam hidup, bukannya membawa hidup ke arah lebih baik tapi malah membuat hidup kita semakin tidak jelas. Kita terlalu sibuk mengurusi hidup orang lain sampai lupa dengan hidup kita sendiri.

Saat sedang asik kumpul sama teman dan ingin bertukar cerita alangkah baiknya kita menceritakan tentang kehidupan kita masing-masing yang layak untuk diceritakan. Mengetahui apa yang sedang teman-teman kita kerjakan, bertukar kabar dan tentu saja memberikan dukungan dan saran jika mereka membutuhkannya lebih berfedah.

Bukan alah bergosip ria dan menceritakan keburukan orang lain ataupun menceritakan teman yang sudah lama tidak pernah kita jumpai dan ikut mengomentari apa yang dia lakukan padahal kita sudah lama tidak bertemu dan tidak mengetahui apa yang terjadi padanya sebenarnya.

Hal-hal seperti inilah yang baiknya kita hilangkan. Aku tahu ini tidaklah mudah, aku pun harus belajar. Mulai dari tidak ikut campur urusan orang lain, meskipun orang itu ada dalam cyrcle rutinitas kita. Kemudian jaga jarak sejauh mungkin dari sumber gosip. Bersikap acuh dan pura-pura tidak tahu adalah hal yang paling aman untuk menghindari gosip.

Jadi, gosip hebat apa yang pernah kalian dengar?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *