Upgrade Your Skills
Youth

Habiskan Uang Demi Upgrade Skill

Banyak hal yang bisa kita lakukan mengisi kekosongan di rumah selama pandemi. Dari mekuni hobi, menjajal minatmu akan hal baru dan menambah potensi atau kualitas diri dengan upgrade skill, bisa jadi membuka peluang baru buatmu.

Kita semua tentu ingin kualitas hidupnya membaik seiring berjalannya waktu. Upgrade kemampuan termasuk dalam bentuk investasi non materi ke diri sendiri yang sifatnya long term di samping kesehatan, hobi dan relasi. Kamu bisa mengupgrade berbagai macam skill berdarkan ketertarikanmu, baik itu skill yang telah kamu miliki atau yang belum kamu miliki sama sekali.

Ketika kamu terbilang mampu untuk memuaskan rasa ingin tahumu dan masih punya kemauan belajar yang akan menambah ‘nilai’ kamu kenapa tidak langung dilakukan? Menghabiskan uang dan waktu guna menimba ilmu tidak ada ruginya. Jangan pelitlah sama diri sendiri, toh yang menikmati hasil itu juga nantinya dirimu.

Berikut 3 jenis media yang bisa kamu lirik untuk meningkatkan skill dan kualifikasi diri kamu dari rumah.

1. Workshop dan Seminar

Mengikuti program workshop atau seminar di masa pandemi sekarang berbasis e-learning melalui Zoom, GMeet, MTeams, dsb. Banyak penyelengaran yang yang menawarkannya dengan biaya sangat terjangkau, mulai dari IDR 50k.

Baik kamu yang sudah bekerja ataupun belum mendapat pekerjaan, ini menjadi opsi pintar untuk meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi diri yang kamu miliki. Ilmu yang kamu terima jelas bukan kaleng-kaleng.

2. Kursus Online

Di era yang serba digital pun merabak berbagai kursus online yang juga akan menjadi investasi jangka panjangmu. Manfat dari mengikuti kursus tentu selain menambah keterampilanmu juga akan membuat CV-mu tampak lebih menarik.

Dari kursus bahasa asing, pemrograman, editing, marketing, entrepreneur, design, dsb. Paket yang ditawarkan pun beragam, dari yang level beginner, intermediate, dan master. Tinggal dipilih mana yang sekiranya sesuai passion dirimu agar sungguh-sungguh menikmati proses belajarnya.

3. Membaca Buku

Membaca buku jelas akan menambah wawasanmu. Meski cara ini tidak bisa ikut mempercatik CV tapi dengan membaca akan menjaga fungsi kognitif dan memori otakmu. Melalui buku-buku kita akan mempelajari banyak hal dan juga mengembangkan kreativitas.

Jika kalian tidak ingin menyesaki ruang dengan tumpukan buku-buku, kalian juga bisa membeli versi e-book yang beredar dengan harga terjangkau. Bahkan terkadang bisa kamu temukan gratisannya untuk diunduh. Yang pasti, jangan sampai kamu tega beli buku bajakan ya, say!

Demikian 3 media yang bisa menjadi opsi kamu investasi ke dirimu untuk mengembangkan potensi kita. Pada akhirnya, jangan lelah meningkatkan kualifikasi diri sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *