Monologue

Kesehatan itu Penting

Tepat satu minggu yang lalu mamaku selesai melakukan operasi batu empedu di rumah sakit yang ada di kotaku. Akhirnya, penyakit yang dideritanya selama ini sudah dibuang dan kemungkinan dimasa depan mamaku tidak akan merasakan sakit perut yang benar – benar menyiksanya seperti dulu lagi.

Operasi yang menghabiskan waktu kurang lebih selama 2 jam ini membuatku takut, tapi seperti biasa aku bersikap santai dan seolah – olah semuanya baik – baik saja, tetap tersenyum dan bertingkah itu adalah operasi biasa dan tidak perlu takut, padahal malam hari sebelum mama operasi aku menangis ketakutan dan meminta doa agar semuanya lancar hehe.

Batu empedu yang berhasil di ambil oleh dokter sangat besar menurutku, seperti 1 buah biji kurma, tidak bisa terbayangkan olehku bagaimana sakitnya ketika benda itu harus berada puluhan tahun didalam empedu mamaku.

Sebagai anak – satunya yang masih tinggal dengan kedua orangtuaku, aku ikut sibuk menemani mamaku dirumah sakit dan tidak lupa untuk mengirimkan update kondisi mama di grup WhatsApp keluarga, bahkan aku juga ikut tidur dirumah sakit selama satu malam dan dari situlah aku mendapatkan pelajaran bahwa kesehatan itu sangat penting bahkan untuk anak muda seusiaku ini, Usia 25.

Saat berada dirumah sakit aku banyak sekali melihat orang sakit, baik yang usia tua, muda atau bahkan anak kecil dan hal itu membuatku merasa bersyukur karna sampai dengan saat ini aku tidak pernah dan tidak akan mau dirawat dirumah sakit karna itu benar – benar tidak menyenangkan.

Aku melihat mereka dengan tatapan sedih dan kasihan, aku yang dengan sehat tidur dirumah sakit pun merasakan tidak nyaman apalagi mereka yang merasakan sakit dan harus menginap dirumah sakit.

Aku tahu mau bagaimana pun juga setiap yang bernyawa akan mati pada waktunya, tapi mulai saat ini juga aku merasakan bahwa kesehatan itu benar – benar penting dan merupakan hal yang sangat mahal.

Kita bisa berjalan dengan santai dan menikmati udara segar setiap harinya adalah hal yang sangat baik dan patut untuk disyukuri. Mungkin sebagian anak muda sepertiku menggangap bahwa sehat itu tidak terlalu penting karna masih muda, tapi tidak banyak yang tahu bahwa untuk sakit semua usia bisa mengalaminya.

Aku juga bukanlah orang yang memiliki pola hidup sehat, tapi setelah menghabiskan waktu seharian penuh dirumah sakit, aku jadi menyadari dan lebih peduli lagi bahwa hidup sehat adalah kehidupan yang baik dan wajib kita jalanin.

Health is a relationship between you and your body

Beberapa hari ini aku memulainya dengan hal – hal kecil seperti lebih banyak minum air putih dan melakukan olaraga baik dirumah atau pun diluar dan pastinya mengurangi rebahan. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi yang tidak tahu kapan berakhirnya ini membuat kita semua harus tahu bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting.

Mungkin kedepannya aku akan memperbaiki pola makanku juga agar lebih maksimal, biarpun usia masi muda tapi untuk melakukan pola hidup sehat harus dimulai dari sekarang.

Bagaimana? tertarik untuk melakukan pola hidup sehat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *