How much you cried this year?
Youth

How Much Have You Cried This Year?

Dalam hitungan beberapa hari lagi tahun 2020 akan berakhir dan tergantikan dengan tahun baru yaitu tahun 2021. Dimana semua orang pasti excited untuk menyambut tahun baru, termasuk aku sendiri. Tahun baru tak lepas dari harapan baru dan check list baru yang akan menjadi acuan kita untuk menjalani hidup di tahun 2021.

Selama 365 hari di tahun 2021 akan kita jalani tanpa tahu apa yang akan terjadi dan tak lupa juga bahwa akan ada perasaan sedih, senang, bahagia dan kecewa yang akan kita rasakan. seperti yang di katakan mark manson dalam bukunya “hidup tidak bisa selalu mekar seperti mawar dan fantastis seperti unicorn”

Aku sudah pernah menuliskan What Makes You Happy? dan sekarang aku ingin menceritakan tentang kesedihan yang aku lalui ditahun ini. tidak adil rasannya jika hanya menceritakan tentang kebahagian padahal merasa sedih dan tidak bahagia juga tidak masalah karna we are human and that’s normal.

Ditahun ini aku pernah menangis beberapa kali, tapi aku tidak terlalu mengingatnya. Tentu saja aku menangis oleh perasaan sedih karna hidup dan tidak tahu sudah berapa kali juga aku menangis karna menonton film atau series!

Ada beberapa moment yang paling berkesan yang bisa membuat ku menangis ditahun ini yaitu ketika aku pulang kerumah melihat papa-ku sakit dan keadaannya yang tak kunjung membaik. padahal, aku sedang berlibur di singapura. aku harus meninggalkan naviaa sendiri dan pulang ke indonesia. saat tiba dirumah, aku langsung menangis dan memutuskan untuk membawa papaku kerumah sakit dan dia menjadi lebih baik lagi.

Dan yang terakhir adalah moment yang tidak pernah aku lupakan karna aku menangis di dalam toilet kantor saat sedang bekerja dikarenakan aku sudah merasa kecewa dan sudah tidak kuat lagi dengan keadaan yang terjadi. jadilah, aku izin untuk ke toilet dan menangis tersedu – sedu di dalam toilet. trust me it’s work!

Mungkin hanya 2 hal itu yang bisa membuat ku menangis ditahun ini. Aku tahu hidup ku datar jadi tidak terlalu banyak hal yang terjadi. tapi tidak masalah, aku harus tetap bersyukur karnanya aku tahu bahwa ada pelangi setelah hujan dan itu benar nyata.

Tahun 2020 tentu saja bukan hal yang mudah untuk kita lewati. aku yakin, ada banyak orang diluar sana yang lebih merasakan sedih dan mungkin setiap hari akan menangis karna hidup atau karna merasakan kebahagian.

Tapi, itu tidak masalah. Menangis merupakan hal normal yang bisa dilakukan oleh semua orang dan please menangislah jika kamu ingin menangis.

Menangis tidak bisa mengubah keadaan tapi setidaknya dengan menangis kita bisa mengeluarkan semua perasaan seperti bahagia, sedih ataupun kecewa. jadi, sudah siap menangis di tahun 2021?

2 Comments

  • ainun

    waduh kayaknya aku lebih banyak dari mba ica jumlah nangisnya, kadang pas sumpek kepikiran apa gitu, ehhh tiba tiba kayak keluar air mata
    nonton berita sedih ya tiba tiba keluar air mata
    kalau nangis yang sampe sesenggukan kayaknya ga banyak banyak juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *