Review Sweet & Sour (2021)
Movies,  Review

Korean Movie Review – Sweet & Sour (2021)

Film Korea Sweet and Sour sudah rilis perdana pada 04/06 di Netflix. Film komedi romantis ini merupakan film adaptasi yang terinspirasi dari film Jepang di 2015 silam berjudul Initiation Love.

Film ini diarahkan oleh Sutradara Lee Gye Byeok dengan setting waktu masa kini bukan dari tahun 1980-an seperti film aslinya. Dan sang sutradra berhasil mengemas trailer yang memacing rasa penasaran dengan clip dari kisah perselingkuhan di tempat kerja.

Sinopsis

Secara garis besar, Sweet and Sour menceritakan tentang Jung Da Eun (Chae Soo Bin), seorang perawat kontrak yang harus bekerja 3 shift hingga harus lembur setiap hari dan dengan hari libur tak menentu.

Suatu hari, seorang pasien penderita hepatitis B bernama Jang Hyuk (Jang Ki Yong) masuk ke rumah sakit tempatnya bekerja. Jang Hyuk merasa mendapat perhatian lebih dari Da Eun hingga ia menaruh rasa pada perawat itu.

Jang Hyuk berupaya melakukan segala cara untuk mendapatkan hati Da Eun, tapi kemudian dia dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Meski sudah pulang, Jang Hyuk tetap mengunjungi Da Eun di rumah sakit.

Hubungan mereka pun semakin dekat hingga Jang Hyuk pun bertekad untuk mengurangi berat badan dan dia berhasil. Hubungan mereka berjalan harmonis saat masih tinggal di kota yang sama.

Konflik dimulai, saat ia ditawari menjadi pegawai kontrak di sebuah perusahaan besar di Seoul. Dan hubungan mereka terpaksa harus LDR meski terkadang Jang Hyuk tetap berusaha bisa pulang-pergi ke rumah Da Eun hingga hadirnya rekan kerja sembrono Bo Young (Krystal Jung) sebagai orang ketiga.

Overview

Meski mengusung genre komedi romantis, tapi tidak banyak disisipkan adegan komedi dalam film ini, mungkin yang cukup konyol di masa perjuangan Jang Hyuk pendekatan ke Da Eun di rumah sakit.

Film berdurasi 102 menit ini tidak hanya berfokus pada masalah hubungan LDR saja, tetapi juga mencerminkan bagaimana kehidupan seorang pegawai kontrak yang bekerja dengan jam eksploitatif demi mendapatkan pengakuan atau dihargai oleh pegawai lain. Sungguh cerita yang  juga relate dengan kehidupan sehari-hari.

Akting para tokoh film ini mesti menjadi sorotan. Chemistry antar tokohnya yang dapet banget, antara Jang Ki Yong dan Chae Soo Bin yang bikin penonton ikut baper. Atau pun hubungan Jang Ki Yong dengan Krytal Jung yang terbilang lucu, manis dan benar-benar bertolak belakang dengan karakter Da Eun.

Para tokoh sentral Sweet & Sour

Sosok Jang Hyuk yang diperankan dengan sifat menyebalkannya, egois dan tidak peka yang malah menyalahkan orang lain pasti bikin penonton ikutan berang dengan karakternya yang inkonsisten.

Da Eun yang digambarkan sebagi kekasih yang penyabar. Harus bertahan dengan jam kerja gila-gilaan belum lagi menghadapi perlakuan annoying pacarnya bikin penonton juga ikut simpati, apa lagi saat adegan dia masih berupaya mempertahankan hubungan mereka pasti menyentuh emosi kita.

Begitu pun dengan Krystal Jung yang memerankan karakter Han Bo Young sebagai orang ketiga dengan pesona karakternya yang lumayan menghibur dan sifat kompetitifnya di kantor yang terlihat menggemaskan.

Sebenarnya, fomula ceritanya tidak ada yang tampak istimewa dari permulaan film hingga menjelang penghujung film. Lee Gye Byeok hanya menyiapkan kejutan yang cukup mencengangkan dan sekaligus menjadi daya tarik film ini pada plot twist di akhir film. Meski banyak penonton yang tidak menyadari sudah diberikan clue sedari awal.

But to be honest the movie just ended abruptly. Aku prefer adegan yang dipersiapkan lebih proper gitu, bukan hanya menarik kesimpulan lalu pergi menjauh dan tidak ada penjelasan atas itu pada kedua tokoh utamanya. Aku akan lebih suka bila ada secuil dialog menengahi kekusutan hubungan mereka.

“Jika tertinggal taksi, kau bisa menunggu yang berikutnya. Akan tetapi, jika kau kehilangan seseorang, maka sampai di situ.”

Lee Kyung Young

Kesimpulanku, 6/10 untuk film ini. Sweet and Sour layak ditonton karena plot yang realistis bahwa how romatic relationships are not always with happy ending. Dan jelas urusan grafis persembahan Netflix tidak akan mengecewakan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *