My Roommate Is A Gumiho Review
Review,  Series

Korean Series Review – My Roommate Is A Gumiho (2021)

Alasan utama menonton drama yang disponsori oleh layanan streaming China, IQIYI ini adalah karena aktrisnya Hyeri dan genre dramanya romcom fantasi, wah udah deh wajib nonton karekter Hyeri yang konyol seperti di Reply 1988. Alasan lainnya karena temanya cohabitation yang nggak bisa aku tolak sih, baik drama punya Jepang, China, Thai dan Korea kudu nonton.

Drama yang tayang perdana pada 26 May 2021 ini diangkat dari webtoon dengan judul yang sama yang ditulis oleh Na dan naskah dramanya digarap oleh Baek Sun Woo dan Choi Bo Rim.

Secara singkat plot drama ini tentang Lee Dam (Hyeri) yang secara tidak sengaja menelan kelereng milik mas Gumiho, Shin Woo Yeo (Jang Ki Yong). Untuk mencari cara mengeluarkan kelereng itu dari perut Lee Dam, mas Gumiho kemudian mengajak Lee Dam tinggal bersamanya. Sementara itu, Lee Dam mau nggak mau harus menuruti beberapa pantangan demi menjaga kelereng milik mas Gumiho.

Seperti biasa, aku akan bahas dari penokohannya terlebih dahulu. Bagiku akting Hyeri sesuai harapanku dengan karater yang jujur, ceria dan konyol mirip banget sama sosok Deok Sun yang sangat jenaka dengan mimik wajah komiknya begitu menghibur. Mungkin tantangannya tidaklah banyak karena sudah pernah melakoni watak yang serupa.

Lawan mainnya Jang Ki Yong yang memerankan mas Gumiho kaya nun rupawan berusia 999 tahun juga tidak mengecewakan, sudah semakin luwes aktingnya berhasil mengembangkan karakter yang tadinya makhluk tanpa ekspresi jadi lebih natural seriring episode menunjukkan perasaannya. Walau terkadang tanpa dialog, hanya dengan tatapan mata emosinya dah sampai.

Pesonanya depan kamera ampun bener dah, aku meleleh tiap kali lihat senyumnya. Seperti saat nonton Sweet and Sour, kalau pun kalian ada yang bertahan cuma demi ketampanannya, I can’t blame you at all, guys.

Source: allkpop.com

Berikutnya, kedua sahabat Lee Dam, Do Jae Jin (Kim Do Wan) dan Choi Soo Kyeong (Park Kyung Hee) yang punya takaran sama konyolnya dengan karekter yang ceria dan selalu support dan melindungi Lee Dam. Aku suka persahabatan mereka yang tidak menginterfensi, maksudnya tidak saling ikut campur urusan dan saling menghargai privasi masing-masing.

Ada juga karekter mbak alumni gumiho yang sudah jadi manusia, Yang Hye Sun (Kang Han Na) dengan pembaawan yang polos dan bloon tapi tanpa dosa cukup jadi pelengkap dalam drama ini. Sering menjadi penasihat untuk mas gumiho dengan saran-saran yang terkadang ada benarnya juga.

Terakhir, ada Gye Sun Woo (Bae In Hyuk) yang jadi sad boy karena gagal dapetin cinta pertamanya. Sosok second lead male yang terbilang juga bagus mengembangkan emosinya dari playboy cuek jadi agak lebih peduli pada perasaan orang lain. Porsinya hanya kurang intens menunjukkan pesonany pada Lee Dam padahal mereka sekampus. But, I think he has a talents that I think we’ll be seeing more of in the future.

Drama dengan total 16 episode ini tidak punya konflik yang cukup serius. I had fun watching this drama. Ceritanya tidak buruk tapi juga ya tidak istimewa. Sangat ringan untuk diikuti kisah mas gumiho yang berupaya untuk menjadi manusia seutuhnya dengan batuan Lee Dam.

Hal yang mengganjal buatku dalah elemen fantasinya yang kurang kental. Mas Gumiho sangat jarang memamerkan kekuatan supernatural sebagai makhluk tua berusia 999 tahun. Mestinya ada banyak yang bisa dieksplor dari sisi pengetahuan sejarahnya dan the magic vibes. But personally I recommend it for those who wanna have just enjoyable time like not so serious plot only with a lovely story line.

So what did you guys think of this romcom drama? Did you like it?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *