Tips Sehat Pekerja Kantoran
Youth

Kunci Hidup Sehat Pekerja Kantoran

Aku mengalami konstipasi parah di bulan lalu. Serius deh, ini bikin kerja asli nggak nyaman. Bos nyaranin makan pepaya, tapi aku nggak doyan buah yang juga disebut kates itu. Akhirnya, vegeta jadi solusiku. Aku jadi khilaf beli sampe 4 kotak buat stok kalo kejadian begini terjadi lagi.

Nyeri banget perut dibuatnya, kayak belum tuntas urusan di belakang dan ini sukses menghilangkan nafsu makanku. Hal ini yang bikin aku melek deh soal pola hidupku yang emang salah. Makan nggak teratur, sarapan ala kadarnya, tidur ngaret kayak kalong, gerakin badan berolahraga pun nihil.

Asli jadi pengabdi kaum rebahan akibat pandemi yang dominan WFH. Aku keseringan ya cuma MAKAN, NONTON, REBAHAN, MAKAN LAGI, TIDUR dan siklus ini diulang-ulang terus selama berbulan-bulan agar tetap di rumah aja.

Aku mulai bertekat nih membenahi pola hidup yang awut-awutan. Mencoba nerapin kebiasaan baru yang sudah terlanjur bikin betah tubuh ini. Berikut ini beberapa kebiasaan yang aku reset ulang demi hidup sehat.

1. Menu Sarapan Sehat

Sejujurnya aku nih anak mepetan, I’m not a morning person. Beneran sesulit itu bangun pagi meski udah nyetel alarm. Kalo mesti ngantor, biasanya aku suka nitip sarapan sama rekan kerja. Tapi yang namanya jajanan pinggir jalan pasti berlemak dan tetap saja bukan pilihan sehat untuk sarapan.

Aku mensiasati dengan mulai kebiasaan #1Day1Smoothie dari Kak Puspita Mayangsari. Karena masih masa trial jadi aku belum teratur kalo mesti yang green smoothie gitu. Seringnya aku pakai buah pisang atau alpukat dan sayurannya pakai wortel, bayam dan pokcoy. Ini manjur bener bikin BAB teratur dan bagus juga buat kulit lho karena asupan serat terpenuhi!

2. Konsumsi Banyak Air

Sesibuk apa pun tumpukan kerjaan tetap harus sempetin minum air. Mencukupi kebutuhan air harian biar berenergi dan tak mudah lelah. Air itu sebagai sumber oksigen dalam tubuh kita. Minum cukup air sangat membantu menjaga fokus dan konsentrasi.

Jangan sampai badan kamu dehidrasi saat bekerja. Ini juga langkah baik dalam mencegah gangguan ginjal. Dengan minum air yang cukup akan menjaga aliran dan tekanan darah kita normal.

3. Pola Makan Disiplin

Jangan mengabaikan jam makan di kala kamu sibuk. Mengatur pola makan bukan hanya soal asupan yang kita konsumsi, tapi juga mesti memperhatikan waktu makan yang tepat. Tubuh kita punya waktu bekerja terbaik untuk menyerap makanan.

Yang perlu diingat, perlakuan frekuensi dan waktu makan setiap orang tergantung kondisi tubuh individu itu sendiri. Termasuk juga jeda ideal antar waktu makan.

4. Tidur Cukup

Tidur cukup sangat baik pengaruhnya terhadap kesehatan jiwa dan raga. Yang kubaca sangat baik efeknya untuk fungsi otak dan jantung. Kurasa juga tidur cukup akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang dalam hal produktivitasnya menjalani aktivitas harian.

Saat aku kurang tidur, suasana hati lebih tidak menentu dan lebih mudah stres. Untuk itu aku usahakan memiliki jadwal tidur yang teratur. Waktu tidurku adalah pukul 23.30 hingga 05.30. Dan aku sangat menghindari kafein di malam hari karena malah akan membuatku terjaga lebih lama.

5. Home Workouts

Batasi waktu rebahan, lalu alihkan waktunya untuk melakukan aktivitas fisik yang lebih berfaedah. Asupan dari dalam sudah baik pun tetap butuh yang namanya latihan fisik. Bagiku pun latihan fisik itu mujarab bener dalam menguapkan stress.

Latihan fisik adalah salah satu cara meningkatkan level metabolisme. Karena tulang dan otot kita juga perlu dijaga fleksibilitas dan kekuatannya. Selain itu, kita juga akan memperoleh segudang manfaat pada tubuh secara keseluruhan dengan rutin berolahraga.

Itulah serangkaian kebiasaan baru yang mulai kuterapin untuk punya tubuh sehat dan bugar. Selalu ingat bahwa kesehatan adalah modal jangka panjang yang wajib kita miliki untuk melakukan apa pun yang kita mau dan rencanakan. Semoga kita semua semakin aware sama kesehatan pribadi ya.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *