Movies,  Review

Movie Review – Inmate Zero: Patients Of A Saint (2020)

Patients of a Saint merupakan film horor garapan Russell Owen yang berdurasi 106 menit. Film produksi UK ini menceritakan sebuah eksperimen medis oleh beberapa dokter untuk menemukan obat untuk segala jenis penyakit kepada tawanan criminal di penjara di sebuah pulau terpencil Atlantik Utara dekat Ireland bernama St. Leonards namun harus berakhir nahas.

Owen bersama Matthew J. Gunn dalam penulisan naskah mengkisahkan Stone (Jess Chanliau) seorang mantan pasukan khusus tentara US yang dipenjara karena telah melakukan pembunuhan. Dia dibawa ke penjara di pulau tersebut yang dibuat khusus untuk kriminal dengan kasus kejahataan paling keji di dunia.

Pada permulaan film Stone juga telah ditawari untuk terlibat dalam eksperimen tapi meski sedang menunggu hukuman mati, Stone tetap menolak tawaran itu. Kemudian dia digiring menuju selnya dan mendapati teman satu selnya yang menyebalkan mencoba membuat masalah dengannya hingga menyebabkan kaki Stone cedera dan harus dilarikan ke klinik perawatan.

Saat sedang dirawat, tiba-tiba dikejutkan dengan kedatangan seorang tahanan lelaki yang mengalami gejala penyakit yang mengerikan dan sulit dijelaskan sehingga berujung kematian. Stone menyaksikannya sendiri. Malam harinya Stone terjaga dari tidurnya dan mendapati lelaki yang mati tadi hidup kembali namun menjadi sosok menyeramkan yang sedang menyantap daging para pasien lain. Stone yang ketakutan masih beruntung karena berhasil diselamatkan salah seorang sipir penjara.

Usaha penyelamatan diri Stone bersama beberapa orang lainnya yang selamat di mulai di sini. Kini seisi pulau telah terinfeksi dan penjara jadi labirin yang begitu mencekam untuk kabur menyelamatkan diri dari para zombi kelaparan.

Babak awal film bisa dikatakan agak menjanjikan tapi makin ketengah-tengah plotnya jadi berasa hambar. Mungkin karena pekembangan karakter yang semu sehingga tidak menyisakan kesan karakter yang mendalam, terutama sosok Stone yang harusnya memperlihatkan sisa-sisa dari ketangguhan dan keberanian dari prajurit wanita tidak berhasil ditampilkan. Cuma ada dua tahanan yang perkembangan karakternya menarik yaitu Moses (Veronica Jean Trickett) dan Butcher – si wanita kulit hitam berbadan besar (Jennifer Joseph).

Kelihatan kan seriusnya yang ngerias penampakan para zombi

Visual dari film yang baru rilis sepekan lalu di bioskop tanah air ini boleh dikatakan tidak istimewa, seperti kebanyakan film zombie umumnya yang banyak bermain aman dengan latar gelap dan suram serta banjir darah, ya mungkin tidak sampai bikin perut mual untuk film ini. Kemudian panampakan para zombi yang dirasa lumayan tampak mengerikan. Scoring dan jumpscare juga menurutku dalam kadar yang pas, tidak ada efek shocking berlebihan yang kayak mau bikin jantung copot.

Kesimpulannya, menurutku film ini cukup bisa dinikmati untuk sekadar menyaksikan adegan gore atau merasakan sedikit lonjakan adrenalin dan menikmati rasa geregetan ketika adegan kejar-kejaran dengan zombi-zombi.

3 Comments

  • Veronica Jean Trickett

    Thank you so much for your kind words on my character – Moses 🙂 Both myself as the actor who plays the character Butcher, are grateful that you enjoyed our performances. Humbly yours. Veronica Jean Trickett (Moses from Inmate Zero).

  • Veronica Jean Trickett

    …Me again, hello! 🙂 My co-star that you liked was called ‘Butcher’ in the film. The actress is Jennifer Joseph :).

    • Occi

      Hi Veronica!
      Is it for real? I can’t believe this.
      Haha such an honour you had read this review.
      Thank you so much for visiting here. 🙂
      Also, I’ve edited her name.
      – With love from Naviayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *