Review Movie The White Tiger
Movies,  Review

Movie Review – The White Tiger (2021)

Film karya sutradara Ramin Bahrani berjudul The White Tiger telah tayang di Netflix sejak 22 Januari 2021 ini menampilkan istri dari Nick Jonas yakni Priyanka Chopra. Selain Priyanka Chopra film ini dibintangi oleh Adarsh Gourav, Rajkummar Rao, Mahesh Manjrekar dan masih banyak lagi.

Menariknya film ini memiliki genre drama kriminal yang diadaptasi dari sebuah novel karya Aravind Adiga yang diterbitkan pada 2008 dengan judul yang sama. Ternyata novel tersebut mendapatkan predikat best seller versi New York Times. 

Sebenarnya, aku tidak terlalu suka dengan film India, tapi saat melihat rating yang cukup tinggi dari netflix akhinya aku mencoba untuk menonton film ini dan ternyata benar-benar diluar ekspetasi. Here we go!

Sinopsis

Dikisahkan kehidupan pemuda bernama Balram Halwai (Adarsh Gourav) yang berasal dari desa miskin. Meski hidup miskin dan sudah bekerja sejak kecil, ia terbilang pintar dan berambisi menjadi orang sukses.

Peluang kesuksesan Balram terbuka ketika ia bekerja menjadi supir salah satu anak tuan tanah yang menguasai desanya. Berbagai hal ia lakukan demi membahagiakan majikannya. Balram benar-benar berusaha menjadi yang terbaik agar bisa mengambil hati majikannya dan mendapatkan kepercayaan dari majikannya itu.

Secara garis besar film ini menceritakan bagaimana seorang Balram yang bertekad untuk mengubah nasibnya menjadi orang kaya dengan cara yang tidak sepatutnya kita contoh.

Tapi, ada beberapa poin penting yang patut kita garis bawahi dari film ini.

Kesenjangan Sosial Itu Nyata

Kesenjangan sosial tergambarkan dengan baik dan jelas dalam film ini lewat karakter Balram. Dari awal sampai akhir tidak terasa ada sesuatu yang berlebihan atau dipaksakan sehingga terasa relevan dengan kehidupan nyata karena terasa benar-benar related.

Orang kaya dengan kesombongannya dan orang miskin dengan kehidupannya yang susah ditambah tingkat pendidikan yang rendah. Kalian akan melihat sendiri bagaimana kehidupan kasta orang miskin di India yang pastinya membuat kita merasa hidup patut lebih disyukuri lagi.

Teman Bisa Jadi Lawan, Lawan Bisa Jadi Kawan

Balram adalah seorang supir baik dan pintar. Tapi karna keadaan yang memungkinkan dia secara sengaja memanfaatkan kepercayaan yang telah diberikan oleh bosnya. Mulai dari menjual bensin dan meminta uang tambahan bensin, kemudian menjadikan mobil pribadi sebagai angkutan umum demi dapat uang tambahan.

Awalnya aku sangat tidak setuju ketika Balram hanya diam dan menuruti semua keinginan sang bos tanpa melakukan perlawan sedikitpun, Tapi ketika Balram berubah aku merasa sangat kecewa dan hal yang paling tidak disangka adalah ketika dengan kejinya dia membunuh bosnya serta melarikan diri dengan membawa uang.

Belajar dari Pengalaman

Aku tahu Balram melakukan hal sangat keji karena dia sudah muak melihat tingkah orang kaya yang memperlakukan orang miskin dengan sekenanya. Mungkin kemurkaan inilah yang membuat Balram nekat melakukan apapun agar bisa keluar dari kemiskinan.

Di akhir cerita Balram membuka bisnis supir taksi yang sukses dan memiliki banyak karyawan, dia juga memperlakuan semua karyawannya dengan sangat baik dan ramah.

Bahkan ketika karwayannya yang melakukan kesalahan tidak segan-segan Balram akan meminta maaf dan bertanggung jawab. Mungkin karena dia sendiri tahu bagaimana rasanya diperlakukan tidak baik dan dia tidak ingin melakukan hal serupa pada karyawannya.

Anyway, tentu saja kalian harus menonton film ini, aku sangat merekomendasikannya. Beneran ada lebih banyak nilai positif yang bisa kalian ambil jika kalian menonton film ini.

A bientôt!

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *