Muesli Pilihan Terbaik Sarapan Sehat
Joy

Muesli Pilihan Terbaik Sarapan Sehat

Berawal dari materi makanan saat mengikuti kursus online Bahasa Jerman, aku dipekenalkan oleh Frau Vika dengan tipikal makanan untuk sarapan ala orang Jerman yang kebanyakan keluar dari kulkas. Bukan seperti orang kita yang cukup sabar memasak sarapan setiap pagi, people there just don’t have much time in the morning.

Apa Itu Muesli?

Sejak 1800-an, orang Swiss dan Jerman sering menyantap Muesli ini untuk sarapan. Muesli ini campuran dari oats, biji-bijian, kacang-kacangan dan dried fruits dengan asupan karbohidrat kompleksnya it makes me full more longer, I proved it by myself.

Ada juga granola yang campuranya mirip muesli, tapi granola itu dipanggang dan ditambahin pemanis, tapi muesli tidak. Nah, kalau bedanya ini dengan oatmeal biasa ialah muesli ini punya sedikit rasa berasal dari buah keringnya sedangkan oatmeal yang sering kita jumpai, rasanya beneran seperti bubur gandum hambar bila tanpa ada tambahan topping.

Aku sudah mencoba banyak cara mensiasati menu sehat untuk sarapan. Sesuai goals 2021, aku mencoba mengatur konsumsi asupan harian menjadi lebih sehat, one of them is by switching to healthy and clean breakfast.

Dari mulai roti dan susu, buah (apel & pisang), oatmeal, hingga sebelumnya smoothie, dan muesli adalah yang paling juara. Kenapa? Seperti yang sebutkan di atas, muesli membuatku kenyang lebih lama sebab ini tinggi serat sehingga tubuh butuh waktu lebih lama untuk mencerna. Dan jelas efektif mengurangi porsi makanku.

Selain serat, muesli juga mengandung protein, antioksidan, zat besi, magensium dan berbagai vitamin yang berperan baik buat kesehatan. Nutrisi lainnya didapat dari campuran yang kamu gunakan, misalnya susu dan yogurt maka akan terdapat kandungan zat besi, fosfor dan kalsium. Pastikan saja campurannya alami, sehat dan bebas pengawet.

Penyajian Muesli

Beragam cara bisa kamu kreasikan sesuai selera untuk menikmati muesli. Penyajian paling umum dengan menambahkan buah segar atau buah kering. Bisa juga menyantapnya dengan menjadi campuran smoothie dan menambahkan madu sebagai pemanis.

Atau bila kamu tidak terlalu senang memakannya mentah kamu bisa memasak muesli menjadi bubur. Rebus setengah gelas air bersama setengah gelas susu, setelah hangat masukkan setengah gelas muesli lalu tunggu hinga 10 – 15 menit sambil diaduk sesekali. Kemudian kamu bisa tambahkan bahan lain yang kamu suka lalu menyantapnya selagi hangat.

Aku mengkonsumsinya setiap pagi di kantor jadi aku lebih sering pakai cara termudah, yakni dengan menambahkan susu tawar dan sebotol yakult dingin. Rasa asem dari yakult ini nikmat banget bagiku. Nah, biar teksturnya lebih lembut kamu bisa simpan di kulkas semalaman atau kalau aku cukup mendiamkannya di freezer sekitar sejaman, tapi jangan sampai membeku. Dan muesli ala aku siap disantap.

Kamu bisa tetap sehat bekerja di kantor dengan menikmati sarapan muesli yang kaya akan nutrisi. It’s a simple and perfect weekday healthy breakfast. Muesli ini beneran solusi buat kamu yang sedang diet tapi nggak mau kelaparan. Kamu bisa temukan muesli di superindo atau pesan dari aplikasi belanja online favoritmu.

4 Comments

  • Fitri A

    Wah, pas bgt mbak, aku dr kmren bingung mau sarapan yg sehat apa ya. Plg ujung-ujungnya roti lagi roti lg hehe.
    Btw muesli ini dijual di supermarket atau dimn ya?

    • Navia Yu

      Hahaha aku juga dulu awal-awal nyoba habit sarapan sehat gitu cuma roti dan susu, tapi tahannya sebentar jadi sering kebobolan juga nyantap indomie lagi. Supermarket setahuku adanya di superindo mb. Enaknya lebih praktis orden online aja sih mb.

  • maya rumi

    aku baru nyobain sarapan dengan muesli ini beberapa hari lalu karena staycation di salah satu hotel dan karena sdg ppkm sarapan diantar ke kamar sehingga kita harus memilih menu sarapan, karena penasaran aku pun memilih muesli ini untuk sarapan paksu ternyata… dia gak suka. Padahal menurut aku yang gak pernah sarapan sehat juga lumayan enak kok rasanya cuma belum terbiasa aja karena biasanya sarapan aja udah berat bgt

    • Navia Yu

      Mulanya sih emang gitu karena langsung kebanting kan ya. Biasa mulut dikasih banyak rasa, tapi muesli ya nggak kaya rasa, cuma dari buah kering sama campuran susunya itu doank rasanya. Diselang-seling dulu aja buat adaptasinya 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *