Lagi Ketiban Apes
Monologue

Mungkin Lagi Ketiban Apes

Kuingin marah, melampiaskan tapi kuhanyalah sendiri di sini
Ingin kutunjukkan pada siapa saja yang ada
Bahwa hatiku kecewa

Lagi apes gini bawaannya emang pas bener nyanyiin tembang Kecewa punya Mbak BCL. Yang rasanya nyes aja gitu, ngasihani diri sendiri. Siapa yang nggak pernah sedih, prihatin sama diri sendiri? Bikin galau bekepanjangan, mood ancur, sensian, pengen marah aja gitu, sebel banget dibuatnya.

Pernah nggak kamu bantuin seseorang tapi malah kecipratan apesnya doank? Nyesek bener dah tau gini jadinya. Niat baik mau nolongin, eh, malah buntutnya jadi tumbal kesialan. Yang ditolongin malah cuma bungkam, bukannya ngebelain. Asli bikin bete tingkat semesta.

Lanjutan dari ceritaku yang sempat terjebak dilema belum lama ini. Firasatku tuh akurat, nggak salah emang bener keknya ada di ujung jurang, mau lari ke mana juga buntutnya bakal tetap kena oceh. Ya, gitu nasib kroco, mau dikerjain nggak dikerjain tetap aja kagak lolos dari amukan si bos. Kena semprot abis-abisan, dimaki dan disalah-salahin.

Padahal sebelum itu kata dia A, kerjaan udah diberesin nih, eh berubah haluan sampe ke Z. Udah gitu, makin asem hati ini kena omelannya. Nasib, nasib. Nasibmu nak, apes benerlah hari ini. Pasti gitu deh, selalu nasib yang dikeluhkan. Hari yang buruk gitu kadang capeknya lebih dari sekadar pikiran sih.

Udah mirip lagu Cape Deh dari Project Pop nih, kamu komplikasi akunya frustasi β€˜pala mumet-mumet hati empet-empet. Iya, auto bikin hati empet, pikiran mumet, raga pun ikutan capek. Betul sih, kalau capek hati itu lebih melelahkan dari capek pikiran dan fisik.

Abisnya, mau gimana lagi juga, bales marah-marah kan nggak mungkin, masa ngeluhin kelakuan dia orang kagak boleh? Oke, sabar itu perlu, toh jatohnya tetap sabar nih aku, ngerjain ulang semua, tetap kalem aja, nggak berani bantah kalau nyatanya instruksi dia tuh yang berubah. Secara menghakimi nggak mampu, I can do nothing, so sometimes complaining is only way to relieve the bad feelings.

Banyak dari kita mungkin yang tau cara tercepat meredam kesal dan amarah, apa lagi pas saat kejadian bukan di rumah. Kalau aku dikasih waktu dengan diri sendiri pasti pelarianku adalah nulis. Tapi, nggak mungkin aku yang lagi diuber-uber kejaan bisa maksain nulis. Makanya biar hatiku agak sedikit lega biasanya aku menggerutu sendiri tuh di meja sambil dengerin lagu yang up beat sebagai mood booster.

Kalau posisiku WFH bakalan kumasimalin deh volume musiknya sampe joget-joget aku tuh biar bisa keringatan meluapkan semua kata-kata pahit tadi supaya jangan sampai bersarang di hati. Bisa cepat keriput deh apa-apa dimasukin hati. Bagiku, kerjaan sih jangan maenan perasaan, bakalan mudah stres akut aku tuh dibuatnya.

Aku pun sadar, beberapa situasi ada di luar kendali kita. Selama masih berwujud manusia yang namanya hidup di tengah sosial masyarakat pasti ada aja ngalamin hal-hal dan kejadian tidak mengenakkan hati.

Ketika tidak ada hal yang bisa kita lakukan untuk mengubah situasi, hanya satu hal yang pasti ada dalam kendali kita ialah kontrol atas tubuh sendiri. Bagaimana kita menyikapi setiap kejadian yang di luar kuasa kita itu. Kuncinya sih, cobalah mulai belajar berpikir bijak. Dampaknya itu, akan buat kita lebih mudah menerima dan ikhlas dengan hari yang lagi apes.

9 Comments

  • Rere Anggraini

    Meredam amarah di tkp itu nano-nano banget, kadang kala cuma bisa senyum atau plonga-plongo apalagi kalau di depan bos. Naasnya di kerjaan selalu gitu, yang salah siapa yang kena marah siapa, tiba -tiba disuruh jadi manusia yang punya ingatan fotografis semua, gak berapa lama disuruh jadi manusia all rounder. Bener-bener nano-nano.

    • Navia Yu

      Ah aku padamu Mb Re. Kesalnya ya itu yang ngulah siapa yang kena getahnya siapa. Beneran the killer mood kalo gitu bisa seharian uring-uringan dibuatnya. Hahaha bagus juga disebut nano-nano ya, emang absurd bener sih ya, campur aduk gitu emosi kita.

  • Ikrom

    pelampiasan saya juga nulis mbak
    apalagi kalau udah kesel banget
    tapi sekarang saya mulai pakai quote be good people for no reason
    kalau lagi apes ya sudahlah tak perlu memikirkan panjang hehe

    • Navia Yu

      Nulis masih yang paling mujarab kan ya. πŸ™‚
      Wah keren deh Mas Ikrom bisa langsung netralin emosi ya.
      Keknya perlu cari quote yang bisa nangkis bad feeling nih.

    • Navia Yu

      Etdah koq samaan. Orang-orang yang peka bisa langsung baca sih raut muka lagi kusut pasti juga pada minggir mau ngusik. Hehehe πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *