Joy

Olahraga Panahan Buat Yang Di Rumah Aja

Kenalan Dulu Sama Panahan

Wikipedia menyebut panahan sebagai suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Panahan telah dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu yang awalnya digunakan untuk berburu dan kemudian berkembang sebagai senjata dalam pertempuran dan kini menjadi sebuah olahraga ketepatan.

Panahan bukan hanya sekedar olahraga saja tetapi memberikan beberapa manfaat untuk tubuh kita, seperti meningkatkan fokus dan konsentrasi, melatih kesabaran, baik untuk koordinasi mata, meningkatkan percaya diri dan bahkan menambah kecerdasan.

Ceritanya, minggu kemarin aku pergi main ke rumah temanku yang hobi memanah. Tiba-tiba kepengen gitu buat olahraga. Tapi kira-kira olahraga apa yang bisa dilakukan selama di rumah aja. Karena olahraga yang kusenangi sepeda dan jogging yang nggak memungkinkan banget dalam kondisi sekarang.

Muncul lah ide temanku yang dengan senang hati menawarkan diri buat mengenalin dan ngajarin aku cara bermain panahan. Tentu saja aku tidak menolak tawarannya. Memang bermain panahan tidak bisa dilakukan semua orang. Mereka harus sudah mengerti dan memahami bagaimana teknik mengunakan panahan yang benar.

Dimulai dengan pengenalan atribut panahan. Ada empat macam perlengkapan panahan yang dibutuhkan. Ayok, kita bahasa satu per satu.

Busur Jenis Tartar

Busur Mongol (Tartar) busur ini merupakan busur yang berasal dari negara mongolia yang merupakan turunan dari busur manchu. Ukurannya yang sedang, sangat cocok untuk ukuran pemanah Indonesia. Busur ini terbuat dari Fiber (Epoxy Fibre Glass). Sedangkan untuk warna busur, berat tarikan, jenis busur dan ukuran busur ini bisa dicustom menyesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Busur Tartar
Busur Tartar
Anak Panah (Arrow)

Anak panah dapat dibuat dari kayu, bambu maupun rotan. Sedangkan mata panah dibuat dari besi, kaca, batu, tulang maupun bahan keras lainnya. Biasanya anak panah ini disesuaikan oleh busur pemanah itu sendiri. karna biasanya busur dan anak panah harus satu paket. Sedangkan, milik temanku memiliki warna natural terbuat dari bahan kayu ramin , dengan panjang 27inch dan katanya menggunakan bulu kalkun untuk bagian Fletching (bulu yang berada dipangkal anak panah) dengan beratnya yang cuma sekitar 25g.

Anak Panah (Arrow)
Anak Panah (Arrow)
Quiver (Tas Anak Panah)

Tas anak panah salah satu komponen yang harus dimiliki oleh pemanah. Fungsinya untuk meletakan anak panah sebelum digunakan untuk memanah. Quiver terbuat dari Busa Hati ( Eva foam) yang dilapisin dengan kulit sintesis, ikat pinggang juga terbuat dari kulit sintesis. Warna untuk tas ini juga bisa dicustom sesuai dengan selera, begitu pula dengan bentuk quiver itu sendiri. Quiver ini juga sering ditemukan dengan bahan yang terbuat dari kulit sapi asli dan kalian bisa pesan dengan ukiran yang lebih menarik.

Quiver (Tas Anak Panah)
Quiver (Tas Anak Panah)
Thumbring (Cincin Jempol)

Terakhir adalalah Cincin Jempol ( Thumbring). Gunanya untuk melindungi jempol tangan dari rasa sakit ketika menarik busur. Percaya gak kalo cincin ini terbuat dari tanduk sapi? Untungnya ukuran dan jenis bisa disesuaikan dengan ukuran jempol pemanah.

Thumbring ( Cincin Jempol)
Cara Memanah dengan Benar
Pemakaian Perlengkapan Sebelum Memanah
Pemakaian Perlengkapan Sebelum Memanah

Pertama kenakan dulu perlengkapan lengkap untuk memanah, mulai dari quiver, thumbring, busur dan anak panah. Gunakan sesuai dengan keperluan masing-masing. Dalam teknik memanahnya menggunakan jempol tangan untuk teknik kunciannya. Adapun cara panahnya dengan meletakan anak panah di sebelah busur lalu meletakan jempol di bawah anak panah kemudian jempol dikunci menggunakan jari telunjuk, setelah itu kita bisa bidik sasaran dengan menarik busur semaksimal mungkin dan lepaskan kuncian agar anak panah melaju dengan cepat.

Terdengar sulit bukan? Untuk menarik busur panah sendiri harus mengeluarkan tenaga yang ekstra kuat agar anak panah siap untuk dilepas dan saat melepas anak panah tidak boleh dipaksa. Jika dipaksa malah bisa melukai wajah pemanah dan merusak busur itu sendiri. Mencoba untuk memanah sasaran dengan tepat buat pemula sepertiku terasa agak menegangkan. Rasa ragu yang muncul bisa menggagalkan usaha dalam memanah yang tepat sasaran. Di sini diperlukan konsentrasi dan keseriusan tingkat tinggi saat bermain pananahan untuk menembak pas mengenai sasaran.

Pengalaman untuk belajar panahan secara singkat ini sangat baru buatku dan beneran seru! Biarpun sangat sulit untuk dicoba. Kalian harus bersama pendamping yang terampil saat ingin belajar memanah. Sebab jika tidak, akan berbahaya dan bisa melukai orang lain.

Bagaimana, apakah kalian tertarik mencoba? Atau kalian punya ide olahraga lainnya selama di rumah aja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *