overthinking
Monologue

Overthinking

Dalam bebera bulan terakhir ini aku cukup sering melihat seleb tweet atau beberapa orang yang meng-tweet di twitter ketika malam datang dan mereka tidak bisa tidur kebanyakan dari mereka sedang mengalami Overthinking.

Aku tidak mengetahui apa itu Overthinking dan hal apa saja yang dapat terjadi ketika seseorang sedang Overthinking. Ternyata setelah mencari tahu sendiri dengan menonton youtube dan membaca beberapa artikel baru dapat kusimpulkan bahwa aku juga sering mengalami Overthinking saat beberapa bulan terakhir ini.

Overthinking adalah Seseorang yang disebut juga dengan overthinker atau selalu terganggu oleh pikiran-pikiran yang menyedihkan dan  tidak mampu untuk keluar dari pikiran tersebut serta merasakan kesedihan yang konstan akibat ketidakmampuan tersebut.

Pikiran yang konstan ini biasanya mencakup 2 pola pikir yaitu ruminating (merenungkan) dan worrying (mengkhawatirkan). Perenungan melibatkan kejadian di masa lalu, sedangkan kekhawatiran melibatkan kejadian-kejadian buruk yang mungkin terjadi di masa depan.

Damn it! That’s why i do almost every night! Aku tidak tahu kenapa aku bisa Overthinking dimalam hari dalam beberapa bulan terakhir ini dan bahkan aku juga terkadang bisa menangis tersedu – sedu tanpa sebab atau karna ada sesuatu yang menganggu pikirkanku tapi aku tidak tahu apa itu.

Aku berpikir mungkin hal ini bisa terjadi karna dimasa pandemi ini aku overwork dan juga mengalami stress karna mendapatkan tekanan dari boss yang selalu ingin aku bekerja dengan cepat dan harus teliti dalam segala hal dan juga sudah hampir 1 tahun lebih aku tidak pernah liburan untuk merefresh otakku yang sudah penuh dengan tekanan ini.

Aku tahu ini sangat tidak baik untuk kesehatan mental dan juga tubuhku, aku berusaha untuk mengalihkan segala cara atau menjauhkan pikiranku dari hal – hal aneh yang dapat membuatku semakin down seperti untuk chat bersama teman, membaca buku atau menonton film.

Tapi tetap saja, setelah melakukan hal tersebut aku tetap Ovethingkin selama beberapa jam dan akan tertidur dengan sendirinya ketika aku sudah selesai menangis atau lelah. Ini sangat benar – benar tidak baik!

Kedepannya aku akan lebih mencari tahu lebih banyak cara lagi agar aku bisa terhindar dari Overthinking yang sangat tidak ada gunannya ini dan kembali ke kehidupan normalku seperti dulu lagi.

Kalian sendiri bagaimana? Pernah nggak sih mengalamai Overthingking seperti yang sedang terjadi kepadaku? dan cara apa yang kalian lakukan untuk mengatasi Overthinking! Let me know ya~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *