Internship_pengalaman magang
Youth

Pengalaman 2 Bulan Jadi Anak Magang

Sebagai syarat untuk bisa lulus dan mendapatkan gelar Ahli Madya saat menjadi mahasiswa ditahun 2017, aku diwajibkan untuk magang di perusahaan negeri ataupun swasta agar bisa membuat laporan akhir dan mengikuti ujian di akhir semester.

Jujur saja, sebagai seorang mahasiswa yang belum pernah bekerja sama sekali aku very excited sekali! Karna akhirnya aku akan merasakan bagaimana rasanya menjadi karyawan kantoran sebelum benar-benar memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Aku dan kedua temanku memutuskan untuk mengirim surat rujukan yang didapatkan dari kampus ke salah satu kantor pemerintah yang cukup bergengsi dan memiliki impact yang cukup besar di kotaku. Sungguh ini benar-benar diluar expetasi ku!

Saat hari pertama magang dimulai aku dan teman-temanku datang sangat pagi. Kantor mewajibkan masuk pukul 08.00 pagi, Tapi aku dan kedua temanku telah datang pukul 07.00 lewat sedikit. Kami datang lebih awal dari pada karyawan di situ, Ini membuktikan bahwa kami benar-benar sangat bersemangat.

Kami juga menggunakan seragam berwarna putih dan bawahan berwarna hitam, tidak berani menggunakan warna-warna cerah. Bahkan sepatu pun juga berwarna hitam. Saat pembagian divisi, kami diletakan dibagian masing-masing yang mengharuskan kami terpisah. Ada yang dilantai 2, 3 dan aku sendiri dilantai 4.

Aku pikir saat magang aku akan benar-benar bekerja seperti karyawan kantoran pada umumnya, seperti mengetik atau mengerjakan sesuatu hingga jam pulang tiba. Ternyata tidak! Aku hanya duduk diam dan memberikan senyum manisku saat ada seorang yang lewat karna aku duduk di dekat pintu masuk. Sungguh sangat tidak menyenangkan seperti penjaga pintu dong.

Kerjaanku hanya bermain handphone dan menulis surat masuk yang mungkin seminggu hanya ada 5 surat masuk yang harus kutulis dan kuberikan kebagian manager. Hanya itu! Kebayang nggak sih gimana rasanya cuman duduk dan melihat yang lain bekerja. HAHA…

Aku sudah sangat bosan dan benar-benar merasa sangat tidak nyaman memikirkan selama 2 bulan kedepan hanya itu yang akan aku lakukan. Aku juga tidak banyak bicara dan hanya diam. Kebayang nggak sih betapa awkward nya jadi anak magang.

Karna aku sudah sangat bosan bermain handphone sepanjang hari, Jadilah aku membaca dan meminjam beberapa buku yang tersedia di perpustakan. Dalam seminggu aku bisa menyelesaikan 3 atau 4 novel. Luar biasa. Sepanjang hari ketika aku sudah bosan bermain handphone aku akan membaca buku dan menyelesaikannya. Hanya itu yang bisa aku lakukan.

Hal yang menyenangkan saat menjadi anak magang diperusahaan ini adalah seringnya banyak event yang diadakan di dalam gedung. Mulai dari pertemuan para pejabat antar kabupaten atau pun kota dan juga kunjungan dari menteri lain ataupun seminar untuk karyawan. Dari situlah aku dapat melihat ada banyak hal yang harus dikerjakan dan sungguh merepotkan!

Sebagai anak magang jika sedang ada acara terkadang kami diajak ikut membantu hal-hal yang mudah seperti berdiri ataupun duduk di depan pintu masuk untuk menyambut para tamu dan tentunya ikut mendapatkan snack dan nasi kotak makan siang!

Bersama Staf lainnya
Hari Terakhir Magang

Pengalaman 2 bulan menjadi anak magang di instansi pemerintah besar seperti ini lumayan seru dan banyak hal yang aku dapatkan biarpun aku tidak memiliki banyak kegiatan selama magang. Setidaknya aku bisa merasakan bagaimana rasanya kerja di kantor besar dan melihat lingkungan kerja yang ternyata kurang lebih sama dengan kantorku yang sekarang.

Kalian sendiri bagaimana, pernah nggak ngerasain jadi anak magang?

A motionless girl's dream journey against fucked world.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *