Joy

Perbanyak Teman Melalui Couchsurfing

Teman Baru dari Couchsurfing di Luar Negeri

Illustration: kesitoandfro.com

Mungkin bagi kalian yang suka traveling sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Couchsurfing, ya kan?

Couchsurfing (biasa disebut CS) adalah situs dan layanan jejaring sosial berupa hospitality exhange atau jaringan silahturahmi. Saat ini, jumlah anggotanya adalah 2,6 juta di 246 negara dan wilayah. Saran aku, buat kalian yang ingin pergi traveling dengan biaya murah dan tidak menggunakan tour and travel kalian wajib menggunakan aplikasi ini!

It’s really helpful!

Di sini aku akan membagikan pengalaman singkatku pertama kalinya menggunakan CS ke dua negara tetangga kita, yaitu Singapura dan Kuala Lumpur!

Cekidot!

Dua bulan sebelum keberangkatan, aku Published Public Trip di aplikasi CS, beserta tanggal kedatangan dan sedikit cerita apa yang aku butuhkan. Semakin dekat dengan hari perjalanan, aku semakin mendapatkan banyak pesan dari orang-orang yang ingin bertemu atau hangout, karena cuma sebentar jadi aku hanya bertemu beberapa orang. Maka aku harus filter berdasarkan profil mereka dan kami akan membuat janji!

So here it is, strangers become friends!

Pertama sampai di Singapura, dapat pesan dari Shiang, orang asli Singapura. Ini pertama kali dia nge-host dan ketemu orang dari CS. Orangnya baik dan humble banget, makan malem aja dia yang bayarin! Hehehe Terus aku diajak keliling ke beberapa tempat di Singapura bersama host lain, mbak Syifa dari Yogyakarta (flight ke Australia dan harus transit satu hari di Singapura dan tidur di rumah Shiang). My pleasure to meet you guys!

Lalu, keesokan harinya, bertemu lagi sama Tat Tan, orang Malaysia yang kerja di Singapura. Kami dinner and lunch bareng setelah dia pulang kerja, kemudian pergi ke daerah China Town. Seru banget bisa bertukar cerita dan pengalaman masing-masing. Tat Tan orangnya asik dan low profile, dia juga seorang traveler yang udah pergi ke banyak negara! Nice to meet you, dude!

Lanjut lagi, setelah itu aku ketemu sama Host aku yang ada di Kuala Lumpur, namanya Cham. Dia asli Malaysia dan seorang dokter Kulit, dia juga bukan cuman Host aku doang, tapi ada juga seorang cewek dari Belarus. Jadinya, kami makan siang bareng dan bercerita untuk mengenal satu sama lain tentang negara masing-masing dan kultur yang berbeda. Tania dan Cham XX…

Kemudian, aku juga bertemu orang asli Malaysia. dia tinggal didaerah Putrajaya. Namanya Izman. kami bertemu dan aku menghabiskan waktu seharian bersamanya! dia membawa aku kebeberapa tempat wisata yang wajib di kunjungi. This is so fun!

Ini dia orang terakhir yang aku temui saat berkunjung ke Kuala Lumpur. Mereka adalah cute couple yang baru menikah dari Russian dan berencana Honeymoon di Kuala Lumpur. Kami tinggal di hostel yang sama dan bertukar pesan untuk bertemu dan mengenal satu sama lain. Eve dan David, you both so adorable!

Itu dia, pengalaman singkatku pertama kali bertemu orang asing dari CS yang sekarang menjadi teman. Kalian juga bisa mencoba aplikasi yang satu ini jika ingin mendapatkan pengalaman yang menarik. Tapi tetap selektif ya berkawan dan selalu hati-hati!Setelah bertemu dengan mereka, kami wajib saling memberikan reference on Couchsurfing Profile, dan menceritakan apa yang terjadi. Sungguh pengalaman yang menarik bisa bertemu orang asing dan menjadi teman! Sampai saat ini kami juga sering berkirim pesan dan menanyakan kabar masing-masing.

Kalau kalian juga punya pengalam seru dengan CS, Ayok di share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *