Selalu Backup Data Pentingmu
Youth

Selalu Backup Data Pentingmu

Backup data itu sangat penting! Jangan sampai kalian menyesal saat sudah kejadian sepertiku, kenapa tidak ada backup semua file itu? Penyesalan tidak akan membantu mengembalikan aset berhargamu yang hilang, kawan.

Dari dulu aku lebih suka menyimpan file langsung di penyimpanan eksternal kayak flashdisk atau hardisk. Selain bikin lega laptop juga minimalisir tindakan saat tiba-tiba laptop ngulah minta servis. Jadinya aku punya banyak flashdisk untuk berbagai jenis file.

Kejadian yang menamparku sakit itu terjadi baru-baru ini. Gimana nggak panik saat sang flashdisk tiba-tiba merajuk minta format setiap dicolokin. AMBYAAAR…. udah nggak usah ditanya lagi. Gila itu isinya file skripsian, bos, bersama puluhan draft tulisan untuk blog ini, dan juga beberapa karya fiksiku dari SMA yang tidak pernah tuntas. What a freaking SHOCK!

Nggak perlu kupanjang-panjangin kemalangan itu, kalian juga pasti ngerti sesakit apa rasanya kasus ginian. Yang menjadi pelajaran berharga adalah kamu harus punya backup, say! You don’t need this shit as a shock therapy.

Hal yang bisa kita lakukan adalah mencegahnya dengan punya peyimpanan rahasia kedua. Backup tentu menjadi suatu aktivitas wajib bila kamu ingin terus mempertahankan file aset yang kamu miliki. Backup merupakan langkah bijak mengamankan file dari resiko seperti human error, infeksi virus dan malware, dan potensi kesalahan sehabis update.

Berikut ini adalah cara-cara yang kulakukan untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan terulang:

Cloud Storage

Online backup adalah solusi terbaik untuk hal ini. Sekarang banyak sekali website yang menyediakan layanan backup data online. Penyimpanan online akan secara teratur melakukan pengumpulan data, pengompresan, enkripsi, dan data baru diteruskan ke server.

Keterbatasan dari penyimpanan jenis cloud ini seringkali menyediakan kapasitas yang terbatas untuk layanan gratisnya dan harus membayar untuk dapat menikmati fitur-fitur tanpa batas yang disediakan. Satu lagi kekurangannya yakni harus tersambung jaringan internet. Bila kita ada di posisi yang minim akses internet ya terpaksa backup kepending.

Update Antivirus Secara Berkala

Apapun brand gadgetmu dan apapun jenis sistem operasinya hal ini jangan sampai diabaikan. Paling tidak kita sudah berupaya memproteksi gedget kita dari serangan malware internet yang bisa berpotensi menghilangkan file berhargamu.

Varian virus internet itu juga selalu berkembang makanya antivirus yang up to date adalah untuk memastikan sistem gadget yang secure dari adanya virus varian baru yang tiba-tiba mampir di komputer atau laptop kita. Nah, kalau antivirus kamu out of date, mana bisa antivirus itu mengenali virus baru tersebut.

Waspada Mencolokkan Drive USB

Aku terlalu lalai sembarang percaya dengan komputer kantor dan asal menggunakan flashdisk itu untuk transfer data. Nyatanya komputer itu antivirusnya sudah usang dan juga sistem operasi tahun jebot yang semakin memperlancar aksi format USB milikku.

Hal ini perlu menjadi perhatian kalian bila isi drive itu berharga harap hati-hati menggunakannya di komputer yang sekiranya cukup aman untuk data-data pentingmu dan tidak menimbulkan kerugian bagimu.

Tiga hal ini yang dapat menjadi langkah preventifku menjaga file lain tetap aman. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu yang sungkan melakukan backup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *