Idul Fitri 1443 H
Joy

Suka Cita Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Minal Aidin Walfaizin, mohon maaf lahir batin dan selamat Idul Fitri kawan-kawan. Ini hari ketiga ya kita bersuka cita merayakan kemenangan bersama. Rasanya rindu sekali dengan suasana tradisi libur lebaran setelah 2 tahun tidak bisa mudik dan tahun ini happy banget kan bisa kumpul lagi dengan keluarga besar dan saling bersilaturahmi dengan kerabat dan tetangga.

Selama jadi pekerja rantauan jarang sekali bisa mencicipi masakan mami saat sahur dan santapan menggiurkan buka puasa. Kayak tahun 2021 lalu memaksakan mudik di hari raya ke-5. Tapi untungnya tahun ini benar-benar luar biasa buatku yang kangen parah sama rumah. Aku bersyukur banget punya rezeki untuk beli tiket pulang dan menjalani puasa hampir sebulan bersama keluarga tercinta.

Meski aku tidak bisa berjumpa dan bukber dengan teman-teman sepermainan zaman SMA karena keluargaku yang pindah rumah jauh dari daerah tempat sebelumnya. Tapi rasa syukurku tak terhingga akhirnya bisa ngumpul menjalani Ramadhan dan Idul Fitri di tengah hangatnya rumah.

Tradisi hari raya di rumahku dimulai dengan mandi pagi, sarapan opor ayam, bersiap sholat Ied ke masjid terdekat. Sepulang dari sholat biasanya ada sungkeman sama orang tua atau orang yang dituakan. Selanjutnya, baru deh pembagian THR untuk yang masih bocil-bocil. Sayang umuran dari tamat kuliah nggak kebagian lagi THR deh.

Sesudah pembagian THR itu biasanya nyambut tamu yang berdatangan atau bila sudah direncanakan tujuannya, kami yang pergi bersilaturahmi. Ikut agenda bertamu orang tua artinya siap-siap bosan bertemu wajah-wajah yang nggak familiar dan mau nggak mau harus memperkenalkan diri. Siapin mental ditanyain macem-macem, ini dan itu. Duuh kepo banget pokoknya.

Karena kawasan tempat tinggalku baru jadi hanya hitungan jari kawan yang bisa disinggahi, nyicipin sajian jamuan hari rayanya. Selebihnya aku jadi pengekor setia orang tua pergi kemana aku manut aja ikut alurnya. Enaknya paling bisa nyicip banyak kue dan minuman lebaran. Pulang sampe rumah kekenyangan, ngemil mulu di rumah orang. Nikmat banget sih suasana hari raya di kampung.

Singkat aja deh tulisan ini, semoga teman-teman juga menikmati Hari Raya Idul Fitri 2022 ya. Selamat berlebaran dan berlibur. Eh…eh… ingat-ingat angka timbangan ya gaes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *