Olshop Penipu
Joy

Waspada Oknum Olshop Penipu

Mirip seperti kejadian penipuan berkedok giveaway sebelumnya, adikku lagi-lagi yang kena tipu oknum olshop nakal. Kejadian ini di bulan April, mendekati bulan Ramadhan.

Ceritanya adikku ingin mencari baju baru untuk dikenakan di hari raya. Dia mencarinya dari instagram dan ketemulah akun olshop bodong itu. Ini aku kasih lihat promo yang diadainnya saat itu.

Promonya agak ekstrim dan aku pun sempat tergiur juga saat itu

Dia membagikan profil olshop ini padaku. Dan saat aku melihat feed mereka aku sungguh tidak menaruh curiga. Aku hanya sedikit heran ada gitu baju jenis ini dijual semurah itu. Tapi tidak terlalu kupedulikan keheranan itu.

Sebenarnya, adikku sempat meminta izinku sebelum order dari olshop ini. Bahkan, meminta saranku memilih beberapa motif pakaian yang menarik dari beberapa pilihannya. Setelah kupilihkan, aku kepoin lagi motif-motif lainnya di instagram mereka dan sempat terbesit rasa ingin memilikinya juga.

Aku sarankan padanya untuk order IDR 100k saja dulu dengan metode COD. Namun pihak olshop tidak melayani pengiriman COD dan mesti bayar ongkir. Oknum olshop yang tidak mau kehilangan mangsa empuk semakin giat menawarkan promo miringnya.

Promo gila yang menggelapkan mata

Dari hasil kepo tadi, sesunguhnya ada hal-hal yang tampak ganjil dan bikin bimbang. Pertama, tidak ada komsumen yang menandai si olshop. Testi mereka hanya ada disematkan pada hightligh. Kedua, link tidak mengarah ke shopee, melainkan langsung ke nomor whatsapp. Ketiga, dengan followers segitu banyaknya tapi postingan sepi like.

Tapi aku tidak menyampaikan kebimbanganku padanya. Hingga tanpa sepengetahuanku ternyata dia malah beli paket promo 2. Dalihnya, lebih untung dapet gratis ongkir dan bonus sebuah baju. Ini pun atas saran mama. Dia baru memberi tahuku ketika sudah transfer IDR 200k ke olshop.

Dan sorenya dia sadar dia tertipu lagi

Sepanjang sejarahnya aku belanja di olshop instagram, belum pernah ada yang maksa bayar jadi member hanya demi aktivasi gratis ongkir. Aku jengkel kenapa tidak ikutin saranku. Aku lebih kesal lagi kenapa tidak kukatakan keganjilan yang kutemukan itu.

Kartu member asal comot dari google

Waktu itu aku ingin melaporkan kasus ini ke bank terkait agar mungkin bisa dilakukan pemblokiran. Tapi niatan itu tertimbun kerjaan dan terlupakan sudah.

Kejadian ini mengajarkan adikku untuk dapat mengontrol hasrat belanjanya. Dan sekarang dia jelas lebih memilih beli di market place yang lebih pasti, beneran takut apes lagi, ketipu mulu.

Semoga dari tulisan ini kalian dapat mengambil hikmahnya bahwa sebagai calon pembeli jangan tertipu dengan estetika tampilan instagram yang begitu terniat. Lebih baik bila kita teliti olshopnya sebelum memutuskan untuk order. Please be a smart buyer, guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *