Monologue

What Makes You Happy?

Menurut Wikipedia kebahagian atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasaan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens.

Menurut Richard Carlson orang yang paling bahagia di dunia ini tidak setiap saat merasa bahagia. Pada kenyataannya, semua orang yang paling bahagia pun kadang-kadang merasakan suasana hati yang buruk, masalah, kekecewaan, dan sakit hati.

Pernyataan Richar ini sangat menarik. Artinya orang yang paling bahagia pun pasti pernah merasakan hal buruk, kekecewaan dan sakit hati. Bukan hanya orang yang tidak bahagia. Semua orang pasti pernah merasakannya. Tanpa terkecuali.

So, what makes you happy?

Pertanyaan yang simple tetapi boleh jadi memiliki seribu jawaban. Secara umum semua orang akan menjawab punya uang yang banyak, rumah mewah, mobil bagus, pekerjaan yang hebat dan pastinya kekasih yang diidamkan selama ini. Itu pasti!

Itu semua adalah hal-hal yang diinginkan semua orang, bahkan kebanyakan orang diseluruh dunia. Tapi, pernahkah kita berpikir bahwa hal-hal kecil juga bisa membuat kita merasa bahagia. Tidak hanya hal besar yang diinginkan semua orang. Seperti, memiliki kualitas tidur yang baik dan dapat bangun di pagi hari. Kemudian pergi bekerja tanpa perlu terjebak macet dan tiba di kantor tepat waktu. Lalu memiliki rekan kerja yang solid dan makan siang sehat dan yang terakhir pastinya memiliki teman yang asik untuk menceritakan hal-hal konyol dan juga rahasia sekalipun.

Hal-hal kecil di atas pasti bisa membuat hidup kita merasa bahagia setiap harinya. Tapi, kita tidak pernah berpikir seperti itu, kita hanya fokus hidup untuk mengejar hal-hal besar yang terlihat nyata dan diinginkan semua orang tanpa mengikutsertakan hal-hal kecil yang membuat kita bahagia yang  terlibat di dalamnya.  

Menjadi orang yang paling tidak bahagia di dunia ini bukan berarti kalian tidak pernah merasakan bahagia. Hidup adalah sebuah pembelajaran, kita hidup untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. kita belajar dari kesalahan yang kita perbuat di masa lalu.

Seperti yang dikatakan Mark Manson dalam bukunya – sebuah seni untuk bersikap bodo amat bahwa alasan sederhana mengapa kita mengalami penderitaan adalah bahwa secara biologis penderitaan bermanfaat. Ini adalah gen alami yang diperlukan untuk perubahan yang menginspirasi.

Penderitaan yang kita alami bisa berdampak positif untuk hidup kita. Bukan hanya hal negatif. Pertanyaan what makes you happy tidak salah, tapi pertanyaan what makes you sad juga pertanyaan yang pantas. Semua orang ingin berbahagia tanpa ingin merasakan penderitaan, tentu saja itu tidak mungkin. Kita adalah manusia yang tidak luput dari kesahalan.

Merasakan kekecewaan, buruk, dan sakit hati. Itu semua adalah hal yang normal dalam hidup ini. Hidup juga tentang penderitaan dan kesedihan sebuah perjuangan, usaha yang kita maksimalkan dan sebesar apa pengorbanan kita untuk meraih sesuatu yang kita impikan.

Semua orang pasti pernah merasakan bahagia, tapi tentu saja dengan cara berbeda. Untukku pribadi, bahagiaku adalah saat aku bisa pergi ke taman setiap hari sabtu pagi dan bisa jogging sebelum pergi bekerja. Aku sangat merasa bahagia saat aku bisa melakukan hal seperti itu setiap hari sabtu secara rutin. Benar, relaksasi sesederhana ini sudah bisa bikin mental aku bahagia.

Tentu saja aku juga ingin memiliki uang berlimpah, rumah mewah yang pastinya akan membuat aku merasa lebih bahagia, tapi. Jika kita hidup dan hanya berfokus pada sebatas hal materil seperti itu maka kita tidak akan pernah menikmati hidup. Kita hanya akan menghabiskan waktu tanpa ada kebahagiaan terselip di dalamnya.

Jadi, mulai sekarang kita harus mengubah pola pikir kita bahwa bahagia juga bisa dirasakan melalui hal-hal kecil dan sederhana yang terjadi di sekitar kita. Now, what makes you happy girls?

6 Comments

      • Just Awl

        Aku juga jadi self-reflect nih setelah baca ini, apa ya hal terkecil yg bikin aku bahagia🤔 Setelah dipikir-pikir, dapet komentar yg menyenangkan di blog aja udh suatu kebahagiaan sebetulnya, tp entah karena naluri manusia jd kalau kebahagiaan itu udh lewat selalu pengen yg lebih aja. Hiks🤦🏻‍♀️

        • Ichaasa

          bukan cuman kamu kok, semua orang kayaknya seperti itu^^ cuman sekarang kayaknya kita harus udah pola pikir yak! bisa bahagia dari hal – hal kecil! selamat mencoba x

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *